Tech Day 2024 Siapkan Talenta Muda Digital pada Tanah Papua

Tech Day 2024 Siapkan Talenta Muda Digital pada Tanah Papua

Infocakrawala.com – SORONG – Sebagai bentuk komitmen di mengupayakan teknologi informasi kemudian komunikasi dan juga keamanan siber khusus di tempat Papua Barat Daya, Huawei kemudian Kitong Bisa Foundation menyelenggarakan Tech Day di dalam Perkotaan Sorong. Tema yang tersebut diangkat “Pemanfaatan TIK juga Ketenteraman Siber pada Menyokong Penguraian Talenta Digital Menuju Indonesia Emas 2045”.

Sebagai keynote speakers, hadir Deputi 3 Badan Siber dan juga Sandi Negara (BSSN) Sulistyo, Staf Khusus Presiden Sektor Inovasi, Pendidikan, kemudian Daerah Terluar Billy Mambrasar, kemudian Director of Government Affair Huawei Indonesia Yenty Joman.

Kemudian, Pj Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad, Rektor Universitas Muhammadiyah Sorong Muhammad Ali, juga anak muda asli Papua yang tersebut merupakan Co Penggagas Konstruksi Kecerdasan Buatan Yoshua Gombo.

Huawei mengundang generasi muda khususnya dalam Papua Barat Daya miliki bekal menjadi talenta-talenta digital Indonesia ke depannya, khususnya pada menghadapi tantangan global.

Diskusi panel pun dilakukan dengan menghadirkan narasumber yaitu Juliane Sari Manurung, perwakilan Kitong Bisa Foundation (KBF); Ariandi Putra selaku Juru Bicara BSSN; Doni Indrawanto, Head of Sales Maluku & Papua IOH; dan juga Niko Setiawan, PR Manager Huawei Indonesia.

Billy menyambut baik kegiatan ini oleh sebab itu dapat membantu anak-anak muda Papua membekali diri terkait teknologi informasi lalu keamanan siber, sehingga merek bisa jadi turut juga bersaing pada era digitalisasi pada waktu ini.

“Anak-anak Papua juga tiada kalah dengan anak-anak wilayah lain. Mereka juga bisa saja menjadi talenta-talenta di dunia digital dengan diberi bekal ilmu tentang teknologi, siber, lalu keamanan siber. Anak-anak muda Papua juga semakin berani untuk bermimpi juga bukan takut bersaing, tidaklah belaka dalam nasional bahkan internasional. Melalui anak-anak muda inilah ke depannya akan merancang Papua lebih banyak baik lagi, khususnya di pengerjaan infrastruktur digital,” ungkap Billy yang mana merupakan putra pertama Papua lulusan Harvard University.

Yenty Joman menegaskan kembali komitmen ‘Huawei I Do’ di menyiapkan 100 ribu talenta digital yang dimaksud dicanangkan sama-sama Kantor Staf Presiden sejak tahun 2021.

“Secara khusus, kita menghadirkan acara Tech Day 2024 ini ke Provinsi Papua Barat sebagai upaya kesetaraan alih pengetahuan dan juga mengupayakan penyiapan ekosistem digital pada Kawasan Indonesia Timur, utamanya melalui penyediaan talenta digital yang dimaksud mumpuni dan juga siap menyongsong masa depan. Dengan berinvestasi pada penyiapan kompetensi kemudian kapasitas generasi muda kami yakin kegiatan Huawei Tech Day menjadi pembangunan ekonomi tak ternilai bagi masa depan Indonesia yang tambahan cerah,” ujar Yenty.

Perwakilan Kitong Bisa Foundation Miraldo Jeftason mengungkapkan sebagai lembaga yang sangat peduli dengan kemajuan lalu perkembangan pada Papua, KBF turut dan juga terlibat pada terselenggaranya acara ini.

“Kami concern dengan pembangunan rakyat di tempat Papua, apalagi generasi muda. Terlebih lagi di dalam era digitalisasi, Papua juga harus mempunyai talenta-talenta muda digital. Adanya Tech Day, semoga anak-anak muda pada Sorong memperoleh bekal pemahaman tentang pentingnya keamanan siber di menjaga keamanan nasional. Dan ke depannya tak cuma Sorong saja, tetapi juga bisa jadi menjangkau tempat pada Papua lainnya,” kata pria yang tersebut akrab disapa Aldo ini.

Pada akhir 2023, Huawei telah lama mencetak 102 ribu talenta, lebih banyak cepat satu tahun dari target yang digunakan telah dilakukan ditetapkan sebelumnya. Ke depan Huawei masih memegang teguh komitmennya dengan meneruskan inisiatif penguatan talenta digital menyongsong visi Indonesia Emas 2045.