Tesla Recall 125 Ribu Mobil Listrik, Ada Kesulitan Apa?

Tesla Recall 125 Ribu Mobil Listrik, Ada Kesukaran Apa?

Infocakrawala.com – JAKARTA – Raksasa otomotif Tesla mengumumkan evakuasi kembali atau recall tambahan dari 125 ribu unit mobil listriknya dikarenakan ada permasalahan pada sistem peringatan tegas di dalam sabuk pengaman.

Sistem peringatan serius pemakaian sabuk pengaman selain sebagai layanan tambahan keselamatan, juga menjadi persyaratan hukum pada AS. Lantaran itu Tesla terpaksa menarik kembali ribuan kendaraan listriknya di area Negeri Paman Sam akibat sistem peringatannya bukan berfungsi.

Melansir Carscoops, Hari Sabtu (1/6/2024) dokumen resmi dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mengungkapkan sebanyak 125.227 unit mobil listrik Tesla terdampak pengunduran kembali.

Hal ini dilaksanakan setelahnya diketahui bahwa peringatan serius audio kemudian visual yang dirancang untuk mengingatkan pengemudi tak berfungsi dengan baik. Sabuk pengaman yang tersebut tidaklah dipasang tidak ada diberikan peringatan, baik melalui audio maupun visual.

Selain jumlah keseluruhan mobil yang dimaksud terkena recall lumayan besar, rentang tanggal produksinya juga sangat luas, antara tahun 2012 juga 2024 untuk Model S. Mobil lain yang digunakan terkena dampak adalah Model X 2016-2024, Model 3 2017-23, serta Model Y 2020-23.

Solusi yang ditawarkan Tesla adalah memperkenalkan perangkat lunak baru yang dimaksud menghilangkan ketergantungan pada sistem pada saklar okupansi yang rusak. Sebagai gantinya, semata-mata mengandalkan data yang digunakan menunjukkan apakah sabuk pengaman terkunci dengan benar atau tidak.

Ini berarti pengemudi yang tersebut terbiasa tak mengenakan sabuk pengaman dapat dengan nyaman melakukannya. Pasalnya, bukan ada bunyi atau indikator yang mana mengganggu ketika sabuk pengaman tidaklah dipakai.

Perbaikan Tesla yang dimaksud sifatnya pembaruan perangkat lunak sederhana, maka akan ditangani melalui pembaruan melalui udara, juga bukan mengharuskan pemilik untuk mengunjungi pusat layanan.

Hal ini tidaklah terjadi pada pengunduran terkait sabuk pengaman sebelumnya pada tahun 2023 yang melibatkan 15.869 Model S lalu X. Mobil listrik yang dimaksud harus kembali ke dealer untuk memeriksa apakah sabuk telah terjadi terpasang dengan benar ke pretensionernya.

Tesla menerima 12 klaim garansi pada perkara tersebut, dibandingkan 104 klaim garansi untuk pengunduran sabuk pengaman terbaru. Tapi, belum ada laporan cedera atau kecelakaan yang disebabkan oleh kedua cacat produksi tersebut.