Timnas Indonesia U-16 Berhasil ke Semifinal Piala AFF 2024, Libas Laos 6-1

Timnas Indonesia U-16 Berhasil ke Semifinal Piala AFF 2024, Libas Laos 6-1

Infocakrawala.com – SOLO – Timnas Indonesia U-16 berhasil meyakinkan diri lolos ke putaran semifinal Piala AFF U-16 2024. Kepastian ini didapat setelahnya pasukan asuhan Nova Arianto melibas Timnas Laos U-16 dengan skor telak 6 -1 pada Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024).

Tambahan tiga bilangan menimbulkan Indonesia menorehkan hasil sempurna dari tiga pertandingan Grup A. Sedangkan Laos yang tersebut menempati kedudukan dua, masih memiliki kesempatan lolos dengan status runner-up terbaik.

Tampil di tempat depan pendukung sendiri, Timnas Indonesia U-16 justru harus tertinggal lebih besar dulu dari Laos. Phayak Siphanom berhasil menceploskan bola ke gawang Mohd Nur Ichsan melalui titik putih pada menit enam. Tim tamu mendapat hadiah penalti menyusul Mathew Ryan Baker menjatuhkan pemain Laos di dalam kotak terlarang.

Namun tuan rumah merespon cepat. Timnas Indonesia U-16 berhasil menyamakan kedudukan pada menit 23 melalui penalti Muhammad Zahaby Gholy.

Berselang tujuh menit, Indonesia bisa jadi membalikkan keadaan. Berawal dari skema tembakan penjuru, umpan Fabio Azkairawan disundul pemain Laos, Vansavath yang tersebut justru masuk ke gawang sendiri. Angka sementara 2 – 1 untuk tuan rumah.

Berhasil membalikkan keadaan, menimbulkan Indonesia semakin nyaman di menggempur pertahanan pasukan tamu. Memasuki menit 36, aksi Josh Holong dari sisi kanan, melegakan umpan tarik ke kotak penalti, sayang belum bisa jadi dimanfaatkan oleh rekan-rekannya.

Indonesia akhirnya bisa saja mencetak gol ketiga satu menit berselang. Lemparan panjang Fabio menciptakan kemelut di area depan gawang Laos, yang mana berhasil dituntaskan dengan baik oleh Josh.

Di masa injury time, Fabio kembali memberikan assist untuk gol keempat Indonesia. Tendangan bebasnya berhasil dimanfaatkan kapten Putu Panji untuk menghentikan fase pertama dengan keunggulan 4 – 1.

Memasuki paruh kedua, Indonesia identik sekali tak mengendurkan serangan mereka. Enam menit pasca turun minum, Indonesia sejatinya sanggup menambah keunggulan melalui tandangan bebas Gholy. Sayang gol yang disebutkan dianulir lantaran terjadi offside.