Tingginya Penjualan Mobil Listrik Diikuti Meningkatnya Kasus Mobil Terbakar

Tingginya Penjualan Mobil Listrik Diikuti Meningkatnya Kasus Mobil Terbakar

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sama seperti mobil listrik, mobil bensin (Internal Combustion Engine/ICE) pun mampu terbakar. Tapi, harus diakui perkara mobil listrik yang mana terbakar semakin tinggi seiring dengan tingginya adopsi kendaraan baterai.

Ini yang dimaksud terjadi di dalam China. Pada 28 April 2024 silam, tiga orang termasuk seseorang anak laki-laki berusia dua tahun, tewas pasca mobil SUV Aito M7 yang didukung Huawei terbakar.

Mobil yang disebutkan tabrakan setelahnya tabrakan dengan sebuah truk pada jalan tol di area kota Yuncheng, provinsi Shanxi, China utara, demikian dilaporkan Reuters.

Aito Automobile sendiri adalah merek mobil listrik baru. Mereka sedang menyelidiki kecelakaan yang disebutkan dengan dengan polisi lalu lintas.

Aito mengatakan, data dari kendaraan menunjukkan mobil yang dimaksud beroperasi dengan kecepatan 115 km/jam pada pada waktu kecelakaan pada 26 April. Selain itu, airbag terbuka secara normal juga pembacaan dari penyimpan daya juga normal.

Rekaman video pada media sosial menunjukkan orang-orang yang berada di dalam tempat kejadian mencoba memecahkan jendela lalu pintu SUV pada waktu terjepit di area bawah truk, dengan bagian depan kendaraan dilalap api.

Aito M7, yang mana dibuat oleh Huawei di kemitraan dengan Seres Group, diresmikan pada 2022.

Menurut laporan Carnewschina, rata-rata ada 7 mobil listrik yang digunakan terbakar setiap hari di dalam China. Sejak awal tahun 2022 hingga akhir tahun 2023, diperkirakan ada sekitar 2.555 tindakan hukum kebakaran mobil listrik di tempat negara tersebut.

Namun, perlu dicatat bahwa bilangan bulat ini cuma perkiraan berdasarkan rata-rata harian. Angka resmi mengenai jumlah agregat pasti tindakan hukum kebakaran mobil listrik di area China sepanjang tahun 2023 kemungkinan besar bukan tersedia secara publik.

Meskipun demikian, peningkatan jumlah agregat mobil listrik di dalam China juga berkontribusi pada peningkatan jumlah total persoalan hukum kebakaran.