Waspada! Bahaya Mengintai pada Balik Kotoran Pusar yang digunakan Tak Dibersihkan

Waspada! Bahaya Mengintai pada Balik Kotoran Pusar yang digunakan digunakan Tak Dibersihkan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Mempertahankan kebersihan pusar serupa pentingnya dengan menjaga kebersihan bagian tubuh lainnya. Membersihkan pusar secara rutin dapat membantu menjaga dari bau tidak ada sedap, infeksi, kemudian iritasi.

Pusar , yang mana secara ilmiah dikenal sebagai umbilicus, rutin kali terabaikan pada rutinitas kebersihan diri. Banyak orang yang digunakan bukan menyadari bahwa pusar perlu dibersihkan secara rutin, kemudian hal ini dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan.

Pusar adalah area yang dimaksud lembab serta gelap, menjadikannya tempat ideal bagi bakteri kemudian jamur untuk berkembang. Kotoran, sel epidermis mati, serta minyak tubuh dapat menumpuk di area pusar, menciptakan lingkungan yang tersebut sempurna untuk pertumbuhan mikroorganisme tersebut.

Jika pusar tidaklah dibersihkan secara teratur, kotoran yang digunakan menumpuk dapat menyebabkan bau tidaklah sedap akibat bakteri yang digunakan memecah keringat serta sel dermis mati dapat menciptakan bau yang bukan menyenangkan. Kondisi ini juga sanggup menyebabkan infeksi.

Di mana bakteri serta jamur yang mana berlebihan dapat menyebabkan infeksi pada pusar, yang mana dapat ditandai dengan kemerahan, bengkak, nyeri, serta nanah. Selain itu, kotoran lalu sel epidermis mati yang mana menumpuk dapat mengiritasi epidermis pada sekitar pusar, menyebabkan gatal, kemerahan, serta peradangan.

“Bakteri itu berasal dari debu sabun, keringat, pelembap yang digunakan menumpuk pada area itu. Kalau didiamkan justru mampu menyebabkan permasalahan kayak infeksi, iritas, reaksi alergi, serta lain-lain,” kata dr Nadia Alaydrus disitir dari akun TikTok pribadinya, @nadialaydrus, Hari Sabtu (6/7/2024).

Di sisi lain, membersihkan pusar adalah proses yang digunakan mudah dan juga belaka membutuhkan waktu beberapa menit. Caranya, siapkan sabun cuci tangan yang lembut, air hangat, handuk bersih, dan juga kapas.

Kemudian basahi handuk dengan air hangat serta sabun. Perlahan bersihkan pusar dan juga area di dalam sekitarnya dengan handuk basah. Pastikan untuk membersihkan lipatan serta celah pada sekitar pusar.