Tersangkut Skandal, Astra Daihatsu Diminta Tetap Produksi juga Ekspor Mobil

Tersangkut Skandal, Astra Daihatsu Diminta Tetap Produksi juga Ekspor Mobil

Infocakrawala.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) diminta terus melanjutkan produksi serta ekspor mobil dari Indonesia, walaupun merek dengan syarat Jepun itu sedang tersangkut skandal uji keselamatan yang mana jadi sorotan dunia.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi lalu Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengungkapkan pihak ADM sudah pernah bertemu Kementerian untuk memberi penjelasan terkait dengan skandal manipulasi uji keselamatan di tempat Jepang.

Taufiek mengeklaim produksi pabrik ADM yang dimaksud berada di area Indonesia terjamin secara kualitas serta keselamatannya.

“Kemarin ada beberapa utusan dari direksinya datang dan juga kami minta jangan diberhentikan ekspor,” ujar Taufiek pada akhir pekan kemarin.

Taufiek juga menyampaikan, ketika ini produksi Daihatsu di tempat Indonesia tidak ada mengalami permasalahan secara kualitas lalu kuantitas. Skandal yang terjadi di area Jepang, tiada memberikan pengaruh secara langsung terhadap pabrikan yang digunakan ada di area Indonesia.

“Artinya tiada ada hambatan dengan hasil Daihatsu di tempat Indonesia,” klaim Taufiek.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Pengguna lalu Tertib Niaga (Ditjen PKTN) memohon PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk memberikan klarifikasi terkait maraknya pemberitaan dugaan skandal uji keselamatan kendaraan merek Daihatsu.

Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang menyatakan mengajukan permohonan PT ADM tambahan memperhatikan kendaraan bermotor yang tersebut diproduksi serta dipasarkan di dalam Indonesia agar aman digunakan oleh konsumen Indonesia.

Sementara itu, Executive Officer, Corporate Function Directorate PT ADM Johan memastikan, semua kendaraan Daihatsu yang mana diproduksi, didistribusikan, dan juga dipasarkan di tempat Indonesia tak mempunyai kesulitan kualitas juga keselamatan juga memenuhi regulasi yang berlaku di tempat Indonesia.

Selain itu, pengiriman domestik sudah ada dilaksanakan mulai 22 Desember 2023. Kemudian, PT ADM juga telah dilakukan kembali melakukan pengiriman secara normal mulai 26 Desember 2023 ke lebih banyak dari 60 negara tujuan ekspor yang digunakan sudah memberikan konfirmasi akibat telah dilakukan disetujui otoritas negara tujuan ekspor.

Johan menyampaikan, item Daihatsu di dalam Indonesia tak terkait dengan yang tersebut terjadi pada Jepang. Layanan Daihatsu dalam Indonesia telah dijalankan pengujian oleh pihak terkait untuk meyakinkan kendaraan benar-benar di keadaan aman.

(Sumber: Suara.com)