Deretan Insiden di tempat Negeri Matahari Terbit Awal Tahun 2024, Gempa hingga Tabrakan Pesawat

Deretan Insiden dalam tempat Negeri Matahari Terbit Awal Tahun 2024, Gempa hingga Tabrakan Pesawat

Infocakrawala.com – Dalam dua hari pertama tahun 2024, Jepun diguncang dengan kejadian luar biasa sehingga menimbulkan warga sekitar di keadaan darurat. Bencana alam gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,6 mengguncang kawasan pantai Laut Jepun hingga menyebabkan tsunami.

Ratusan rumah warga hancur dan juga rata dengan tanah, begitu pula dengan jalanan yang dimaksud retak hingga sejumlah korban tewas di area beberapa daerah.

Kasus gempa bumi di tempat Negeri Sakura ini juga sempat memproduksi transportasi umum lumpuh juga berbagai warga setempat kehilangan kontak dengan keluarga. pemerintahan Negeri Matahari Terbit pun juga sudah ada mengeluarkan peringatan tegas dini melawan prospek tsunami dengan perkiraan gelombang hingga 5 meter.

Tak semata-mata itu, Negeri Sakura pun juga dilanda kejadian tragis lainnya. Lalu, apa belaka kejadian luar biasa di tempat Negeri Sakura yang tersebut terjadi di tempat awal tahun 2024 ini? Simak inilah selengkapnya.

1. Gempa bumi

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,6 terjadi di tempat kawasan pantai Laut Jepangn tepatnya di dalam prefektur Ishikawa juga Toyama pada Mulai Pekan (1/1/2024) sekitar pukul 16.10 waktu setempat. Gempa bumi yang dimaksud berpusat dengan jarak 10 mil atau 42 kilometer dari timur laut Anamizu di tempat prefektur Ishikawa ini pun terjadi selama kurang lebih banyak 1 menit.

Meskipun negara Negeri Sakura menjadi salah satu negara dengan mitigasi gempa bumi tercanggih di tempat dunia, namun hal ini tak menciptakan Negeri Matahari Terbit bebas dari kejadian runtuhnya bangunan ataupun retaknya jalanan.

Beberapa kali gempa susulan terjadi namun tidak ada sekuat gempa pertama. Bencana ini menewaskan 62 orang di dalam area Ishikawa. pemerintahan Negeri Matahari Terbit hingga sekarang ini masih mengevakuasi warga yang dimaksud terjebak dalam tempat sekitar Ishikawa kemudian Toyama oleh sebab itu aliran listrik kemudian telekomunikasi sempat terputus selama 1 hari.

2. Tsunami landa pesisir pantai

Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,6 yang disebutkan berpotensi tsunami. Peringatan dini sudah ada digaungkan oleh eksekutif Negeri Sakura terhadap penduduk sekitar untuk berlindung ke tempat yang aman. Gelombang tsunami sebesar 1,2 meter pun menyapu bagian pesisir pantai Laut Jepang.

Gelombang susulan terjadi selama beberapa menit setinggi 50 cm. Meskipun gelombang tsunami tak sampai menyapu kota, namun beberapa warga yang tinggal di dalam pesisir laut bergabung terdampak air tsunami yang tersebut masuk ke rumah mereka.

3. Pesawat Japan Airlines tabrak pesawat penjaga pantai

Kejadian luar biasa juga terjadi di area Bandara Haneda, Negeri Matahari Terbit ketika pesawat milik maskapai Japan Airlines, Airbus A350-900 menabrak pesawat penjaga pantai yang mana akan lepas landas dari Bandara Haneda menuju tempat Ishikawa dengan menghadirkan logistik bantuan terhadap korban gempa di dalam sana.

Kejadian ini bermula ketika pesawat Japan Airlines akan mendarat di area landasan pacu Bandara Haneda pada Selasa (2/1/2024) sekitar pukul 17.47. Namun, sang pilot yang tersebut diduga tidaklah meninjau adanya pesawat kecil dengan 5 awak ini pada dekat landasan mereka. Japan Airlines lalu mendadak menabrak pesawat bantuan korban gempa yang disebutkan juga menyebabkan ledakan.

Kejadian ini terekam kamera para penumpang yang mana berada pada bandara maupun pada di pesawat. Kejadian kecelakaan pesawat ini segera ditangani pihak SAR Jepun lalu pihak kepolisian untuk diselidiki. 5 awak pesawat penjaga pantai tersebut  dinyatakan tewas.

Kontributor : Dea Nabila

(Sumber: Suara.com)