6 Makanan yang digunakan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Waspadai Olahan Buah

6 Makanan yang digunakan digunakan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Waspadai Olahan Buah

Infocakrawala.com – JAKARTA – Salah satu cara mengempiskan risiko penyakit gula adalah dengan membatasi makanan-makanan dengan kadar gula atau dengan indeks glikemik yang tersebut tinggi.

Indeks glikemik adalah indeks yang dimaksud mengukur kecepatan tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Nah, berikut ini beberapa makanan pantangan bagi penderita diabetes, dilansir dari berbagai sumber, Hari Sabtu (6/1/2023).

1. Minuman Manis

Salah satu sumber gula paling besar pada hidup sehari-hari adalah minuman manis.

Pasalnya, minuman manis tak cuma enak, tetapi juga bukan mengenyangkan, sehingga menggoda Anda untuk mengkonsumsinya terus menerus. Akibatnya, isi gula darah pada tubuh Anda akan meningkat.

Minuman manis ini tidaklah hanya saja minuman biasa, seperti teh atau kopi yang digunakan ditambah dengan gula, tetapi juga minuman botol atau kaleng yang digunakan diproduksi oleh pabrik, termasuk jus.

Minuman manis jenis terakhir ini dibuat dengan proses berulang kali (ultra processed) dan juga seringkali mengandung karbohidrat rafinasi lalu garam yang dimaksud tinggi.

2. Makanan Kandungan Lemak Jenuh yang tersebut Tinggi

Lemak jenuh atau saturated fat adalah salah satu jenis lemak yang tersebut akan berbentuk padat apabila disimpan pada tempat dengan suhu ruangan.

Konsumsi makanan dengan isi lemak jenuh yang tersebut banyak secara terus menerus di jangka waktu lama akan meningkatkan kadar lemak darah pada tubuh, sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung lalu stroke.

3. Nasi Putih

Nasi putih adalah pantangan makanan yang dimaksud paling umum bagi penderita diabetes. Sebab, nasi putih mengandung glukosa yang tersebut dapat memicu gula darah naik dengan cepat.

Oleh akibat itu, umumnya dokter akan menyarankan penderita hiperglikemia untuk sedikit mengonsumsi nasi putih atau menggantinya dengan nasi merah lalu sumber karbohidrat lainnya.

Meski menjadi pantangan, bukanlah berarti penderita penyakit gula tidaklah boleh mirip sekali mengonsumsi nasi putih. Anda masih bisa saja mengonsumsinya, tetapi dengan jumlah total porsi yang lebih besar sedikit kemudian bukan boleh terlalu sering.

4. Berbagai Olahan Tepung

Bagi penderita diabetes, sejumlah olahan dari komponen tepung yang mana harus dihindari. Hal ini dikarenakan tepung mengandung glukosa kemudian karbohidrat yang digunakan cukup tinggi.

Tingginya kadar glukosa juga karbohidrat ini dapat memicu gula darah naik dengan cepat. Oleh akibat itu, bagi penderita diabetes, sebisa kemungkinan besar untuk menghindari olahan dari tepung. Misalnya, produk-produk mie atau roti tawar.

5. Snack Ringan pada Kemasan

Beberapa snack ringan bukanlah pilihan camilan yang baik. Sebab, beberapa snack mengandung kalori tinggi. Selain itu, snack juga mengandung gula lalu tepung terigu, serta tinggi pengawet.

(Sumber: SindoNews)