Bidang Kesehatan Mental Anak Muda Dipengaruhi Industri Media Sosial, Begini Solusinya

Area Bidang Kesehatan Mental Anak Muda Dipengaruhi Industri Industri Media Sosial, Begini Solusinya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Isu kondisi tubuh mental berada dalam banyak pada kalangan anak muda. Dengan perkembangan media sosial yang digunakan semakin pesat, ini menjadi salah satu faktor munculnya gangguan mental pada Gen Z. Hal itu disampaikan Caleg DPRD Provinsi Banten Dapil 9 Partai Perindo, Ratu Dewi Nabilla.

Ratu Dewi menyatakan bahwa dengan mudahnya mengakses media sosial memproduksi banyak anak muda memiliki kesempatan mengawasi dunia lebih besar luas lagi.

“Mereka membandingkan apa yang mana terjadi pada belahan dunia lain. Kalau dulu nggak ada sosmed mereka belaka fokus pada lingkungan tempat tinggal serta nggak berbagai distorsi,” ujar Ratu pada Podcast Aksi Nyata bertajuk ‘Gen Z Rentan Alami Tantangan Kesejahteraan Mental, Bagaimana Mengatasinya?’ pada Kamis (4/1/2024).

Menurut Ratu, sejumlah Gen Z yang bertambah di area masa teknologi, secara tidak ada dengan segera mereka itu terpapar banyak sekali informasi. Padahal, manusia memiliki keterbatasan untuk menerima informasi.

“Kalau kelebihan (informasi) akan stres,” katanya.

Untuk itu, menurut Ratu penting seseorang membatasi diri dan juga merasa cukup dengan apa yang tersebut dimiliki.

“Merasa cukup menerima informasi, padahal merasa cukup itu ternyata penting untuk mengatasi kondisi tubuh mental,” tutur Ratu.

(Sumber: SindoNews)