Apa Itu Golden Disc Awards? Acaranya Diwarnai Rusuh Orang Korea di area DKI Jakarta

Apa Itu Golden Disc Awards? Acaranya Diwarnai Rusuh Orang Korea di dalam area DKI Ibukota

Infocakrawala.com – Gelaran meriah Golden Disc Awards (GDA) 2024 yang digunakan berlangsung di tempat Ibukota Internasional Stadium (JIS) diwarnai insiden ricuh pada Hari Sabtu (6/1/2024) kemarin. Namun bukanlah lantaran fans Indonesia, kerusuhan itu terjadi akibat ulah penonton selama Korea Selatan.

Kabarnya orang Korea yang tersebut menghasilkan rusuh itu adalah fansite yang mana kesal oleh sebab itu dilarang memotret para artis juga idol Kpop ketika tampil di area panggung. Lantas sebenarnya apa itu Golden Disc Awards yang tersebut diwarnai kerusuhan? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Golden Disc Awards?

Golden Disc Awards (Soompi)
Golden Disc Awards (Soompi)

Golden Disc Award merupakan acara penghargaan musik dilakukan setiap tahun oleh Asosiasi Industri Musik Korea Selatan untuk memberikan pencapaian luar biasa di tempat bidang musik Korea Selatan. Ajang penghargaan ini kali pertama dijalankan pada tahun 1986 dengan nama ‘Korea Visual and Records Grand Prize Awards’. 

Hingga pada tahun 2001, kompetisi ini berganti nama menjadi ‘Golden Disk Awards’. Kemudian pada tahun 2015, ada pembaharuan pengejaan menjadi ‘Golden Disc Awards’. Pada Golden Disc Awards ke-38 yang digunakan berlangsung tahun 2024 ini, Ibukota terpilih menjadi tuan rumah. 

Jakarta adalah kota ke-5 yang jadi tuan rumah penyelenggaraan Golden Disc Awards di area luar Korea Selatan. Penghargaan musik ini sebelumnya telah dilakukan berlangsung di area Jepun pada edisi ke-26, disertai Negara Malaysia pada edisi ke-27, lalu China untuk edisi ke-29 juga baru-baru ini Thailand di tempat edisi ke-37. 

Golden Disc Awards 2024

Girlband NewJeans di dalam red carpet Golden Disc Awards yang dimaksud diselenggarakan di dalam Ibukota Indonesia International Stadium, Hari Sabtu (6/1/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]
Girlband NewJeans dalam red carpet Golden Disc Awards yang tersebut diselenggarakan dalam Ibukota International Stadium, Hari Sabtu (6/1/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]

Acara penghargaan Golden Disc Awards 2024 berlangsung di dalam Ibukota Indonesia International Stadium (JIS) pada Hari Sabtu (6/1/2024). Ada 14 musisi yang masuk di line up penampil dalam GDA 2024. 

Musisi wanita yang datang antara lain NewJeans, STAYC, Keena FIFTY FIFTY, IVE, LE SSERAFIM. Sementara deretan musisi pria diisi oleh ZEROBASEONE, ENHYPEN, SEVENTEEN, Stray Kids, BOYNEXTDOOR, YB, La Poem, Park Jae Jung, kemudian TXT. 

Selain itu ada juga aktor Ha Jung Woo, Lee Junho 2PM, dan juga Tiffany Young SNSD yang dimaksud menjadi presenter piala. Cha Eun Woo ASTRO serta penyanyi Sung Si Kyung yang menjadi MC.

GDA 2024 memberikan penghargaan kurang lebih tinggi 15 kategori. Adapun penghargaan yang digunakan dapat dipilih oleh fans melalui online voting adalah kategori Best Digital Song, Best Album, kemudian Rookie Artist. GDA 2024 disiarkan melalui stasiun televisi Korea Selatan, JTBC juga perangkat lunak Hellolive ke seluruh dunia.

Pemenang Golden Disc Awards 2024

Boyband SEVENTEEN dalam red carpet Golden Disc Awards yang diselenggarakan dalam Ibukota Indonesia International Stadium, Hari Sabtu (6/1/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]
Boyband SEVENTEEN di tempat red carpet Golden Disc Awards yang dijalankan di tempat Ibukota Indonesia International Stadium, Hari Sabtu (6/1/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]

Grup K-pop perempuan IVE, NewJeans, lalu LE SSERAFIM berhasil menyebabkan pulang lebih lanjut dari satu piala GDA 2024 yakni untuk kategori Digital Song Bonsang serta Album Bonsang. Salah satu penghargaan di area GDA adalah Kategori Best Digital Song Division Bonsang. Terdapat 20 nominasi yang dimaksud terdiri dari boy/girl group juga solois yang dimaksud masuk kategori tersebut.

Dari 10 peraih pemenang Best Digital Song Division Bonsang, terpilih satu yang digunakan mendapatkan penghargaan Digital Daesang (Song of the Year) yakni NewJeans – “Ditto”.

Penghargaan lainnya ada kategori Best Album Bonsang yang dimaksud telah terjadi mengakumulasi 20 nominasi. Dari boy/girl group serta solois yang mana masuk kategori, terhitung 10 pemenang yang berhasil meraih piala bergengsi ini. Dari 10 peraih pemenang Best Album Division Bonsang, terpilih satu yang tersebut mendapatkan penghargaan Album Daesang (Album of the Year) yakni Seventeen – “FML”.

Penghargaan lain yang mana tak kalah penting juga disampaikan di dalam di malam hari GDA 2024 yang ditunggu-tunggu penggemar antara lain: 

– Rookie of The Year: ZEROBASEONE dan juga Fifty Fifty
– Best Producer: Min Hee Jin – NewJeans
– Next Generation Award: BOYNEXTDOOR
– Indonesian Fans Choice Award: TXT
– BUGS Favorite Golden Disc Popular Artist (Male): Lim Young-woong
– BUGS Favorite Golden Disc Popular Artist (Female): Jisoo BLACKPINK
– Global K-pop Artist: Stray Kids

Rusuh di tempat Golden Disc Awards 2024

Oknum fansite Korea Selatan yang dimaksud bikin ricuh di tempat GDA 2024 (kolase X)
Oknum fansite Korea Selatan yang tersebut bikin ricuh pada GDA 2024 (kolase X)

Acara GDA ke-38 pada Ibukota Indonesia International Stadium (JIS) pada Hari Sabtu (6/1/2024) waktu malam diwarnai kericuhan oleh penonton yang digunakan berasal dari Korea Selatan. Dalam video yang mana beredar di dalam media sosial, ada potongan video yang memperlihatkan pribadi penonton menarik manusia petugas hingga terjatuh.

Kemudian terlihat juga individu pria sembari menyebabkan kamera berukuran besar yang digunakan diamankan petugas keamanan. Ketika diamankan, pria itu berteriak ke arah petugas. Untuk diketahui, salah satu aturan GDA 2024 adalah penonton dilarang menyebabkan kamera profesional, kamera semi-profesional, kamera digital atau still.

Diduga pria itu adalah pribadi fansite yakni penggemar yang dimaksud punya situs website sendiri lalu mempunyai konten eksklusif baik foto maupun video. Komunitas fansite ini biasanya punya kemampuan fotografi profesional.

Sementara itu di area potongan video lain, terlihat pria berkaos hitam memakai kacamata berteriak ketika diamankan regu keamanan acara GDA 2024. Pria itu juga sempat menyatakan ‘shibal’ yang digunakan artinya sial di bahasa Indonesia, alias umpatan kasar pada orang yang digunakan tak disenangi.

Saking ramainya cuitan tentang kejadian tak mengenakkan pada GDA 2024, sampai-sampai kata ‘shibal’ masuk di trending topic X pada Akhir Pekan (7/1/2024) siang ini. Menurut cerita warganet dalam X, awalnya acara GDA berlangsung aman. 

Namun pada waktu para artis yang dimaksud menang award tampil untuk memberi pidato, para oknum fansite mengeluarkan kamera. Padahal pada aturan jelas-jelas dilarang mengakibatkan kamera tapi mereka mampu menyembunyikan kamera tersebut.

Setelah itu, para oknum fansite mulai drama kejar-kejaran dengan security. Selama acara GDA berlangsung, mereka berjalan main tabrak ke penonton lain tanpa memohonkan maaf hingga memunculkan kericuhan.

Kontributor : Trias Rohmadoni

(Sumber: Suara.com)