CEK FAKTA: Prabowo Klaim Utang Luar Negeri Rusia Dan Arab Saudi Di Bawah Indonesia, Benarkah?

CEK FAKTA: Prabowo Klaim Utang Luar Negeri Rusia Dan Arab Saudi Di Bawah Indonesia, Benarkah?

Infocakrawala.com – Dalam acara debat capres di area Istora Senayan, Mingguan (7/1/2024), capres nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan, utang luar negeri (ULN) negara Rusia kemudian Arab Saudi terhadap hasil domestik bruto (PDB) masing-masing berada di tempat bawah Indonesia.

Berikut pernyataan Prabowo:

“Yang di dalam bawah kita (Indonesia) itu (ULN), Arab Saudi (dan) Rusia. Pokoknya negara-negara sumber alam yang dimaksud luar biasa, tetapi 40% hanya salah satu terendah,” kata Prabowo.

Berdasarkan penelusuran regu Cek Fakta Suara.com, klaim Prabowo bahwa utang luar negeri Rusia juga Arab Saudi terhadap hasil domestik bruto (PDB) masing-masing negara berada pada bawah Indonesia, adalah benar.

ULN Arab Saudi mencapai 24,8 persen terhadap Ekonomi Nasional pada 2022. Kemudian Rusia mencapai 16,2 persen terhadap PDB.

Sementara Indonesia yang tersebut dirilis pada 2022 mencapai 39,6 persen terhadap PDB. Kemudian berdasarkan data terbaru mencapai 28,9 persen pada triwulan III 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan sikap ULN Indonesia dan juga beberapa orang negara lainnya Dalam paparan ketika Sidang Kabinet Paripurna pada Istana Kepresidenan, Jakarta, Hari Senin 16 Januari 2023. Ia mengumumkan rasio ULN Indonesia hanya saja lebih banyak tinggi dari Arab Saudi dan juga Rusia di area antara negara G20.

“Tercatat rasio utang pemerintah Indonesia sebesar 39,6 persen. Rasio utang RI lebih tinggi rendah dari Korea Selatan yang mana berada pada kedudukan keempat (54,1 persen). Namun, lebih banyak tinggi dari Arab Saudi (24,8 persen) serta Rusia (16,2 persen) yang mana menempati tempat pertama dengan utang paling kecil pada antara negara G20 serta Asean,” demikian sebagaimana dimuat di area Bisnis.com pada artikelnya pada Rabu 18 Januari 2023.

Artikel lengkapnya sanggup dibaca di dalam sini.

(Sumber:Suara.com)