Arti Huruf juga Angka pada Tuas Transmisi Matik, Hal ini Penjelasannya

Arti Huruf juga Angka pada Tuas Transmisi Matik, Hal ini Penjelasannya

Infocakrawala.com – Mobil matik pada waktu ini menjadi salah satu pilihan konsumen akibat kepraktisannya di berkendara. Pemilik kendaraan matik tak perlu effort lagi untuk menginjak kopling ketika hendak memindahkan persneling.

Buat pemula, mobil matik ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk dipakai belajar menyetir. Dalam mobil matik, terdapat huruf kemudian bilangan pada tuas transmisi.

Pemula wajib mengetahuinya sebelum benar-benar ingin belajar naik mobil matik. berikut beberapa arti huruf kemudian hitungan pada tuas transmisi matik dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. P atau Parkir

Ketika tuas ini berada di dalam tempat P, maka mobil terkunci sehingga tidak ada dapat bergerak meskipun didorong.

Ini adalah kedudukan yang mana aman dan juga ideal ketika pemobil mematikan mesin atau pada waktu kendaraan bukan sedang digunakan.

2. R atau Reverse

Pada sikap ini, mobil akan berjalan mundur ketika pemobil menginjak pedal gas. ini biasa dipakai ketika hendak meninggalkan dari garasi di sikap mundur atau parkir.

3. N atau Neutral

Posisi N menandakan netral. Saat mobil pada tempat netral, mesin tidaklah terhubung dengan transmisi, sehingga roda tiada terkunci.

Ini memungkinkan mobil untuk bergerak bebas, tanpa mengirim tenaga ke roda. Biasanya keadaan ini diadakan pemobil pada waktu berhenti dengan sikap mesin bukan dimatikan.

4. D atau Drive

Pada sikap D, transimisi akan secara otomatis menggeser gigi agar mobil bisa saja bergerak maju.

Pada sikap ini pula, terdapat kode nomor mulai 1 hingga 3. Anda dapat semata mengatur otomatis perpindahan gigi tersebut. Untuk nomor 1, berarti Anda akan berjalan pada turunan yang dimaksud curam, sehingga mobil tidaklah terlalu kencang.

5. L atau 1, 2, 3: Low Gears

Beberapa mobil otomatis memiliki opsi gigi rendah, yang mana dapat dilambangkan dengan huruf “L” atau hitungan 1, 2, dan juga 3. Letak ini digunakan ketika pemobil ingin membatasi transmisi agar tetap saja berada di tempat gigi rendah.

Pemobil mampu menggunakan persneling mobil matik mode low gears ini pada waktu menyeberangi wilayah dengan tanjakan atau turunan curam.

(Sumber:Suara.com)