5 Perbedaan Amandel lalu Radang Tenggorokan, Definisi hingga Penanganannya

5 Perbedaan Amandel lalu Radang Tenggorokan, Definisi hingga Penanganannya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Amandel juga radang tenggorokan pada dasarnya merupakan dua kesulitan kebugaran yang digunakan berbeda. Namun, kebanyakan orang kerap kali keliru mengidentifikasinya.

Salah satu penyulut banyak orang mengira kalau amandel juga radang tenggorokan adalah penyakit yang dimaksud mirip adalah oleh sebab itu gejala yang ditimbulkan memang sebenarnya serupa. Yakni tenggorokan terasa sakit sehingga kesulitan ketika menelan.

Meski begitu, masih ada beberapa perbedaan antara amandel dan juga radang tenggorokan, baik dari definisi maupun penanganan yang mana diperlukan.

5 Perbedaan Amandel dan juga Radang Tenggorokan

1. Definisi

Amandel adalah sepasang kelenjar yang terletak di area bagian belakang tenggorokan. Perannya adalah untuk menangkap juga menyaring bakteri, virus, lalu benda asing lain. Namun bagian ini bisa saja menjadi bengkak atau meradang akibat infeksi, inilah yang disebut sebagai penyakit amandel.

Sementara radang tenggorokan adalah kondisi pada mana tenggorokan menjadi meradang. Namun, infeksi ini tidaklah berkaitan dengan amandel.

2. Penyebab

Biasanya radang amandel disebabkan oleh infeksi virus seperti influenza, herpes simplex virus, coronavirus, kemudian bakteri.

Sementara untuk radang tenggorokan dipengaruhi oleh infeksi virus atau bakteri streptococcus pyogenes kemudian muncul rasa sakit di dalam tenggorokan, yaitu pada bagian faring, laring, juga kelenjar tonsil.

3. Gejala

Meski gejala yang digunakan dirasakan kurang lebih besar sama, namun radang amandel memiliki tandanya tersendiri, yakni menciptakan tonsil menjadi bengkak juga berwarna kemerahan. Biasanya radang ini juga akan menyebabkan bagian leher menjadi kaku.

Sementara kalau radang tenggorokan maka kelenjar getah bening pada leher membengkak, muncul tanda kemerahan di tempat bagian langit-langit mulut, dan juga terasa gatal di tempat tenggorokan.

4. Penderita

Radang amandel kerap kali menyerang anak-anak atau remaja yang mana berada di dalam bawah usia 18 tahun. Sebab, kekebalan tubuh mereka belum sempurna sehingga mudah terinfeksi virus juga bakteri.

Sementara radang tenggorokan tambahan banyak terjadi pada orang tua. Meski begitu, radang ini juga mampu menyerang anak-anak serta remaja dewasa.

5. Penanganan

Penanganan radang amandel yang dimaksud pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Namun, apabila radang sudah ada terlalu parah, maka akan ada aktivitas operasi di dalam rumah sakit.

Sementara untuk radang tenggorokan tak akan ada perbuatan operasi, akibat biasanya sembuh sendiri di beberapa minggu. Namun, apabila semakin parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Itulah lima perbedaan antara radang amandel dengan radang tenggorokan. Pada dasarnya kedua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh virus kemudian bakteri, namun memiliki cara penanganan yang dimaksud berbeda ketika telah mulai parah.

(Sumber:SindoNews)