Bisnis  

Ganjar Bakal Genjot Perekonomian Kreatif Jadi Sumber Pertumbuhan Kondisi Keuangan Baru

Ganjar Bakal Genjot Perekonomian Kreatif Jadi Informan Pertumbuhan Kondisi Keuangan Baru

Infocakrawala.com – JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan bahwa ekonomi kreatif harus menjadi sumber pertumbuhan baru yang menggerakkan sektor ekonomi Indonesia yang digunakan berkelanjutan. Dengan demikian, menurutnya, kegiatan ekonomi Indonesia tidaklah terlalu terfokus pada sektor komoditas pertambangan.

“Kalau kita mau bicara ke depan serta sustainable (berkelanjutan), tidaklah merusak, ya kegiatan ekonomi kreatif,” paparnya di acara ‘Dialog Capres Bersama Kadin Menuju Indonesia Emas 2014’, di dalam Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Pria yang mana juga pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah itu pun menjelaskan bahwa konsekuensi ketika Indonesia terlalu mengandalkan tambang, akan mengakibatkan persoalan ekologi, hingga sosial secara jangka panjang. Oleh sebab itu pengembangan dunia usaha kreatif menjadi sangat penting.

“Kan tinggal kita ukur, kan kita harus memitigasi, kalau tambang, habis-habisan, kita akan habis berapa lama,” ujarnya.

Dia pun menyinggung salah satu ekonomi kreatif yang dimaksud potensial dikembangkan di tempat Tanah Air adalah sektor film. Ganjar mengatakan, bahwa bidang film akan memberikan efek domino untuk rintisan perniagaan sektor ekonomi lainnya.

“Karena ternyata penonton film itu, ketika film-nya bagus, itu juga kadang-kadang menghasilkan kembali sebuah rintisan bidang usaha lainnya, serta itu sudah ada berjalan lama sekali. Itu baru film, belum bicara musik lalu desain,” katanya.

Oleh sebab itu, Ganjar mengaku tidaklah ragu menjadikan sektor ekonomi kreatif sebagai fokus utama juga salah satu prioritas memacu peningkatan apabila dirinya terpilih menjadi presiden.

Fokus pada bidang kreatif, lanjut Ganjar, merupakan wujud dari perekonomian hijau yang dimaksud sekarang sedang tren agar alam tiada rusak akibat bidang yang dimaksud sangat bergantung pada sumber komponen bakar fosil.

Ganjar meyakini, sektor kreatif akan segera digandrungi berbagai anak-anak muda pada Indonesia. Karena menurutnya sektor ekonomi kreatif memiliki kemungkinan sangat besar. Sehingga akses internet cepat juga gratis sangat penting di menyokong hal tersebut.

(Sumber:SindoNews)