Penting, Begini Cara Merawat Rem Motor Supaya Tidak Segera Terjadi Kerusakan

Penting, Begini Cara Merawat Rem Motor Supaya Tidak Segera Terjalin Kerusakan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Rem motor merupakan salah satu komponen yang mana sangat vital dalam sepeda gowes motor. Konsumen harus tahu cara merawatnya agar bukan cepat rusak. Seperti pepatah para atlet sepeda profesional, “speed is nothing without control” atau kecepatan bukan penting tanpa pengendalian. Nah, kecepatan justru dikendalikan oleh rem.

Jadi tanpa rem maka kecepatan sepeda gowes motor justru akan sangat berbahaya bagi pengemudinya. Perlu diketahui rem merupakan satu dari beberapa komponen dalam sepeda gowes motor yang mana paling banyak bekerja keras.

Otomatis rem miliki usia pemakaian. Jika waktu pakainya telah habis maka pengemudi sepeda gowes motor perlu mengganti rem dengan yang dimaksud lebih besar baru.
Hanya hanya ada beberapa cara yang mana bisa saja dijalankan agar rem motor lebih banyak awet juga tidak ada cepat rusak yang dikutipkan dari situs resmi Wahana Honda, Awal Minggu (15/1/2023). Caranya adalah berikut ini:

1. Bersihkan kampas rem secara rutin

Cara pertama yang digunakan bisa saja Anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin. Terlebih apabila motor baru hanya digunakan untuk melintasi hujan atau jalanan yang digenangi air maupun lumpur. Hal ini disebabkan kampas rem sangat rawan kotor dan juga apabila tidaklah dibersihkan dapat mengganggu efektivitas kinerjanya.

Untuk membersihkan komponen yang dimaksud satu ini cukuplah mudah. Anda hanya saja perlu membasuhnya dengan air bersih lalu memverifikasi bahwa tidaklah ada debu, pasir, lumpur atau kotoran lain yang digunakan masih menempel. Dengan demikian, kampas rem dapat berfungsi optimal seperti sedia kala.

2. Pastikan terdapat jarak antara kampas rem dengan piringan cakram

Berikutnya, Anda juga harus menegaskan bahwa kampas rem mempunyai jarak bebas dengan piringan cakram. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya ketegangan antara dua komponen yang disebutkan sebelum tuas rem digunakan.

Jika jarak yang tersebut antar kampas rem dengan piringan cakram belum sempurna, Anda bisa jadi mengaturnya sendiri dengan memutar roda ban. Apabila terdapat gesekan, artinya kedudukan yang disebutkan masih kurang tepat. Sehingga Anda bisa saja membenahinya kembali untuk mendapatkan kedudukan yang tersebut paling sempurna.

3. Pastikan bearing atau laher motor selalu terlumasi

Bearing atau yang lebih lanjut kerap disebut dengan laher maupun bantalan adalah sebuah komponen pada motor yang mana bertugas untuk menghurangi konflik dengan rumah as yang ada pada velg. Dengan demikian perputaran roda motor akan jarak jauh tambahan stabil kemudian lebih banyak nyaman digunakan berkendara di dalam jalan raya.

Nah, komponen ini juga harus Anda perhatikan untuk membantu perawatan kampas rem. Di mana Anda harus menegaskan bahwa bearing setiap saat di kondisi terlumasi dengan baik. Dengan demikian fungsinya akan sangat jauh lebih besar maksimal untuk digunakan.

4. Hindari pemakaian rem mendadak

Tips terakhir yang digunakan bisa jadi Anda coba lakukan untuk merawat kampas rem adalah dengan berkendara hati-hati. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi juga kemudian melakukan pengerem mendadak. Sebab selain berbahaya, hal ini juga dapat menghasilkan kampas rem lebih tinggi cepat aus dan juga mengurangiusiapakainya.

(Sumber:SindoNews)