Berapa Biaya Operasi Bypass Jantung? Pasien Tak Mampu Bisa Gunakan SKTM

Berapa Biaya Operasi Bypass Jantung? Pasien Tak Mampu Bisa Gunakan SKTM

Infocakrawala.com – JAKARTA – Berapa biaya operasi bypass jantung? Tindakan ini diadakan untuk mengatasi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner pada pasien penyakit jantung koroner.

Prosedur ini diadakan untuk mengalihkan fungsi arteri koroner yang rusak menggunakan cangkokan pembuluh darah baru dari bagian tubuh lain.

Diketahui, jantung merupakan organ vital yang tersebut memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otot jantung itu sendiri. Pasokan darah ke otot jantung disuplai oleh pembuluh darah arteri koroner yang mana terbagi menjadi dua cabang utama, yaitu arteri koroner kanan juga kiri, yang digunakan kemudian akan bercabang lagi ke seluruh jantung.

Dikutip situs Kemenkes, Pelayanan kemudian standar operasional prosedur (SOP) Rumah Sakit Jantung lalu Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) Ibukota Indonesia terbilang diskon jika dibandingkan luar negeri.

Dirut RSJPD Harapan Kita, dr. Hananto mengatakan, rumah sakit rujukan penyakit jantung tingkat nasional ini melayani seluruh masyarakat, tiada mengamati miskin atau kaya. Bahkan, sangat sebelum ada kegiatan Jamkesmas, juga telah melayani inisiatif charity (sosial) bekerja identik dengan Yayasan Jantung Indonesia, acara sosial televisi swasta, dan juga lembaga lainnya.

“Kami mampu melakukan operasi dari A sampai Z. Mau ganti katup sampai dua katup juga bisa. Bahkan, perbaikan pembuluh darah aorta yang digunakan robek tanpa operasi pun cuma dapat dijalankan di area RS Jantung Harapan Kita,” katanya.

Biaya Operasi Jantung

Biaya operasi bedah jantung berdasarkan catatan yang mana ada, dr. Hananto mengatakan, biaya operasi jantung mulai Rp40jutaan sampai banyak jt rupiah.

Operasi bypass jantung lalu katup jantung misalnya mencapai Rp40juta hingga Rp45 juta. Operasi koreksi jantung bawaan pada anak bisa jadi mencapai Rp200 juta.

“Bagi pasien Jamkesmas, seluruh biaya ditanggung pemerintah melalui Inisiatif Jamkesmas. Pasien yang tersebut bukan punya Jamkesmas tetapi miliki SKTM (surat keterangan tidak ada mampu) serta setelahnya diteliti benar-benar miskin maka mendapat bantuan 50 persen,” ujar dia.

Tidak cuma berobat di area RSJPD Harapan Kita, penderita jantung dapat mendatangi RS yang dimaksud sudah ada memberikan pelayanan jantung.

Ada RS dalam 12 kota yang dimaksud telah menjalin kerja serupa penanganan penderita jantung, yaitu Semarang, Surabaya, Jakarta, Palembang, Padang, Bali, Yogayakarta, serta kota besar lainnya.

“Di Jakarta, RSJPDHK telah menjalin jaringan dengan lima rumah sakit yakni RS Fatmawati, RS Tarakan, RS Haji, RS Cengkareng, lalu RS Pasar Rebo. Walaupun pendeteksi berada pada RS Pasa Rebo namun kita tetap saja monitor melalui alat yang mana dipasang dalam sana serta secara langsung bisa saja dilihat di dalam RSJPD Harapan Kita. jadi tak usah khawatir,” tutur dr. Hananto.

(Sumber:SindoNews)