Apa Ciri-ciri Epilepsi pada Anak? Waspadai 5 Tanda Hal ini

Apa Ciri-ciri Epilepsi pada Anak? Waspadai 5 Tanda Hal ini

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ciri-ciri epilepsi pada anak penting diketahui para orang tua. Sebab, epilepsi merupakan suatu kondisi otak yang mana menyebabkan kejang. Sel-sel di tempat otak mendadak memunculkan ledakan aktivitas listrik yang tersebut bukan teratur kemudian akibatnya adalah kejang.

Anda kemungkinan besar mengenali kejang ketika seseorang pingsan lalu tubuhnya bergetar tak terkendali sebagai ciri-ciri epilepsi . Namun tak semua kejang terlihat sama. Beberapa anak menatap atau mengalami kebingungan ketika kejang.

Meskipun epilepsi menyebabkan kejang, tiada semua kejang disebabkan oleh epilepsi pada anak. Untuk menerima diagnosis epilepsi, dokter akan memeriksa apakah anak mengalami lebih besar dari satu kejang yang tersebut tidak ada disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya.

Ciri-ciri Epilepsi pada Anak

Kejang merupakan ciri-ciri utama epilepsi pada anak. Namun, ada gejala lain yang digunakan menjadi tanda awal yang harus diwaspadai para orang tua. Berikut di area antaranya dilansir dari Cleveland Clinic, Hari Senin (15/1/2024).

1. Hilang kesadaran
2. Kebingungan
3. Tatapan kosong
4. Perubahan pada pendengaran, penglihatan, rasa atau bau anak
5. Merasa tak enak badan, seperti sakit perut atau inovasi suhu tubuh

Gejala Epilepsi pada Anak

Kejang bisa saja terjadi dengan cepat, terkadang tanpa tanda apa pun sebelum dimulai. Sementara itu, gejala epilepsi pada anak pada waktu kejang hanya saja berlangsung beberapa menit. Adapun gejala yang disebutkan meliputi:

1. Kehilangan kesadaran atau pingsan
2. Pergerakan otot yang dimaksud bukan terkontrol, sentakan atau kedutan, atau aksi berulang pada suatu bagian tubuh
3. Ketidakmampuan untuk berbicara, menampar bibir, atau melakukan pergerakan mengunyah dengan mulut
4. Detak jantung yang digunakan cepat
5. Nafas cepat

(Sumber:SindoNews)