Waspada Saraf Kejepit, Ini Cara Duduk yang tersebut Benar untuk Bekerja Seharian

Waspada Saraf Kejepit, Ini Cara Duduk yang hal tersebut Benar untuk Bekerja Seharian

infos Dokter ortopedi menegaskan pentingnya tahu cara duduk yang mana benar cegah saraf kejepit alias HNP (Hernia Nucleus Pulposus). Apalagi duduk seharian dapat berbahaya untuk postur tubuh loh.

Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD & Pekanbaru, dr. Syafrudin, Sp.OT (K) Spine menjelaskan duduk seharian memberikan tekanan pada tulang belakang yang dimaksud lebih lanjut banyak melebihi berdiri.

“Pada saat tubuh duduk dalam waktu yang digunakan lama, ditambah jika Anda juga memiliki postur tubuh yang dimaksud buruk makan ini akan meningkatkan risiko untuk mengalami saraf kejepit yang tersebut bisa jadi menurunkan kualitas hidup seseorang,” papar dr. Syafrudin melalui rilis Eka Hospital Group yang tersebut diterima suara.com, Selasa (7/11/2023).

Sementara itu posisi duduk yang benar, bisa saja menghindari risiko mengalami gangguan kesehatan yang tersebut mampu semata terjadi dari memburuknya postur tubuh. Berikut ini cara duduk yang benar cegah saraf kejepit yang digunakan perlu diperhatikan.

1. Atur Pandangan

Ilustrasi gambar saraf kejepit. (freepik)
Ilustrasi gambar saraf kejepit. (freepik)

Arah pandangan Anda pada saat duduk dapat mempengaruhi postur tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh akan mengikuti arah pandangan pada saat bekerja.

Jika terbiasa untuk bekerja dengan posisi menghadap miring, ini akan menimbulkan postur tubuh juga terlibat miring juga dapat merusak postur.

“Posisikan media kerja Anda lurus berhadapan dengan tubuh Anda, atur jarak layar jika Anda menggunakan komputer sebanyak 45 hingga 70 cm untuk mengurangi risiko untuk tubuh menjadi bungkuk, dan juga pastikan posisi tubuh Anda tegak 90 derajat pada saat duduk,” jelas dr. Syafrudin.

2. Pakai Kursi Ergonomis

Penggunaan kursi juga dapat menentukan postur tubuh. Hindari pengaplikasian kursi plastik tanpa sandaran atau kursi kayu saat bekerja, sebab desainnya yang tidaklah cocok untuk digunakan saat bekerja.

Sebaiknya gunakan kursi ergonomis yang dimaksud memang dirancang untuk melakukan pekerjaan saat duduk. Selain didesain untuk menentukan postur tubuh tetap baik, kursi hal tersebut juga dilengkapi dengan penyandang punggung serta leher yang tersebut dapat meningkatkan kenyamanan.

3. Jangan Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan duduk lama terjadi ketika sudah terlalu sering melakukan pekerjaan selama berjam-jam, padahal kebiasaan hal tersebut merupakan hal yang digunakan tiada baik untuk dianggap normal.

“Cobalah untuk berdiri juga berjalan-jalan setiap 2 jam sekali. Anda dapat menyenangkan waktu untuk berjalan beberapa menit atau melakukan stretching dalam kursi, saat otot terasa pegal selama duduk,” pungkas dr. Syafrudin.