Bisnis  

Ganjar-Mahfud Diyakini Bisa Wujudkan Kemakmuran Petani hingga Nelayan

Ganjar-Mahfud Diyakini Bisa Wujudkan Kemakmuran Petani hingga Nelayan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Rencana kesejahteraan petani, peternak hingga nelayan yang tersebut diusung Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, diyakini sangat dapat direalisasikan bila keduanya mendapat kepercayaan dari rakyat untuk mengatur Indonesia. Keyakinan yang dimaksud ditegaskan oleh Ketua Lingkup UKM juga Koperasi DPP Partai Perindo Djoni Rolindrawan.

Calon legislatif DPR RI Dapil Jawa Barat III itu mengatakan, acara Capres-Cawapres nomor urut 3 itu sangat berpihak pada kalangan akar rumput, khususnya petani, peternak, hingga nelayan.

“Kebetulan saya pernah hadir di kuliah beliau, Pak Ganjar di dalam IPB, beliau memaparkan programnya. Jadi IPB mengeluarkan buku putih, sekalipun saya belum membaca, sepintas, disampaikan bahwa program-program Pak Ganjar itu sebanding dengan yang tersebut pada buku putih IPB itu,” papar Djoni di Podcast Aksi Nyata, Selasa (16/1/2024).

Dia menjelaskan, di area sektor pangan, upaya memulai pembangunan kedaulatan pangan serta menjaga kestabilan biaya substansi pokok menjadi prioritas utama Ganjar-Mahfud guna mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Ganjar-Mahfud pun menyiapkan beberapa jumlah strategi untuk mengatasi permasalahan pasokan juga harga. Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, Ganjar-Mahfud telah dilakukan menyiapkan lima jurus.

“Pertama menciptakan Pangan Terjamin, Terjaga, Terjangkau, dan juga Terdiversifikasi. Ganjar akan menjamin ketersediaan pangan dari di negeri, aman, berkualitas, murah, kemudian terdiversifikasi berbasis kearifan lokal juga menggalang Desa Mandiri Pangan. Selain itu, kepastian pangan ekonomis melalui stabilisasi nilai tukar pangan juga akan dijaga,” tuturnya.

Jurus kedua, Alsintan Modern kemudian Support Sarana Prasarana. Menurut Djoni, Ganjar akan membantu petani, peternak, lalu nelayan dengan alat modern, benih unggul, pupuk berkualitas, murah, juga tepat waktu. Selain itu,memperbanyak sistem pengairan (waduk, bendungan, embung, serta irigasi), jalan bisnis tani yang tersebut memadai, sarana cold storage, juga pengolahan lalu pemasaran hasil tani, ikan, maupun ternak terintegrasi.

Upaya Ganjar berikutnya adalah menjadikan Industri Pangan Berkelanjutan. Dengan cara merancang lapangan usaha pangan berdaya saing dengan mengutamakan sumber pangan lokal untuk mengolah hasil pertanian menjadi barang bernilai tambah melalui fasilitasi penelitian serta teknologi pangan ramah lingkungan.

Langkah keempat, lanjut dia, Ganjar akan segera menyiapkan lahan subur untuk petani. Menghentikan alih guna lahan untuk melakukan konfirmasi lahan subur kemudian lahan produktif diberikan untuk petani kecil lalu buruh tani, dan juga diperkuat dengan pengelolaan tata ruang yang mana adil serta berkelanjutan.

Kemudian jurus terakhir adalah memverifikasi petani, peternak, juga nelayan sejahtera dengan meningkatkan nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, kemudian peternak dengan kebijakan perdagangan yang tersebut pro-produksi pada negeri.

Selain itu, untuk menurunkan harga jual pangan, Ganjar beberapa waktu lalu juga telah terjadi mengungkapkan 3 jurus jitu guna memproduksi nilai komponen pokok terjangkau kantong masyarakat. “Strategi yang dimaksud sudah sukses diterapkan Ganjar pada waktu menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode juga akan diterapkan di area tingkat nasional,” ungkapnya.

(Sumber:SindoNews)