Marselino Ferdinan: Gol Kedua Irak Ganggu Mental Pemain Timnas Indonesia

Marselino Ferdinan: Gol Kedua Irak Ganggu Mental Pemain Timnas Indonesia

Infocakrawala.com – Marselino Ferdinan mengakui bahwa gol kedua Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 mengganggu mental pemain Timnas Indonesia . Akibatnya, Skuad Garuda harus menyerah 1-3 di tempat Stadion Ahmad bin Ali, Mulai Pekan (15/1/2024).

Gol kontroversi itu dicetak Osama Rashid pada menit 45+7′. Pasalnya, sebelum Rashid menjebol gawang Ernando Ari, satu pemain Irak yakni Mohanad Ali telah di tempat offside.

Tantashev Ilgiz selaku wasit yang mana mengatur jalannya pertandingan pun sempat melakukan pengecekan lewat VAR. Anehnya, wasit jika Uzbekistan itu masih mengesahkan gol yang digunakan dicetak Rashid. Walaupun terlihat secara jelas bahwa gol yang disebutkan sudah ada berbau offside.

Marselino mengakui kalau sejatinya kekuatan Irak mampu diredam oleh para pemain Timnas Indonesia. Namun pasca gol kontroversi itu, mental para pemain pun goyah sehingga berdampak pada permainan mereka.

“Kami tahu Irak tampil luar biasa, kami juga mengantisipasi semuanya. Tetapi balik lagi terjadi gol kedua, itu merubah semua mental, permainan serta lain-lain,” kata Marselino di dalam instagram resmi Timnas Indonesia, Selasa (16/1/2024).

Buntut dari kontroversi itu, Endri Erawan selaku manajer Timnas Indonesia telah terjadi melayangkan surat menentang ke pihak AFC. Pasalnya, Skuad Garuda merasa dirugikan sebab kepemimpinan wasit. Diharapkan, insiden seperti ini bukan lagi terjadi pada pertandingan lainnya.

Sementara itu, kekalahan dari Irak memproduksi jalan Timnas Indonesia untuk melaju ke sesi 16 besar semakin terjal. Skuad Garuda pada waktu ini sedang menghuni sikap terakhir atau empat di area papan klasemen sementara Grup D Piala Asia 2023.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi rivalnya yakni Vietnam di dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, hari terakhir pekan (19/1/2024). Skuad Garuda wajib meraih kemenangan melawan regu berjuluk The Golden Stars Warriors ini apabila ingin menjaga asa lolos 16 besar.

(Sumber:SindoNews)