Kenali Jenis Bagasi Mobil, Biar Tak Salah Pilih

Kenali Jenis Bagasi Mobil, Biar Tak Salah Pilih

Infocakrawala.com – Bagasi mobil mempunyai peranan penting ketika pemobil ingin menyimpan barang yang tersebut akan dipakai pada waktu bepergian. Namun, bagasi di tempat setiap mobil bervariasi muatannya.

Jika bagasi mobil dirasa sempit, pemobil bisa saja membeli bagasi tambahan di area beberapa toko aksesoris roda empat baik online maupun offline.

Namun sebelum membeli, pemobil harus mengenal jenis-jenis bagasi agar nantinya tidak ada salah pilih.

Berikut beberapa jenis bagasi mobil dilansir dari Daihatsu Indonesia:

1. Roof Bag

Roof bag pada mobil (Tokopedia)
Roof bag pada mobil (Tokopedia)

Bagasi ini miliki bentuk mirip dengan tas. Namun dimensinya tentunya lebih lanjut besar ketimbang tas punggung ataupun koper.

Biasanya bagasi jenis ini terbuat dari substansi lunak, seperti dari parasut sehingga untuk penyimpanan dapat lebih banyak mudah pada waktu tidak ada digunakan.

Tetapi roof bag ini miliki kelemahan salah satunya yakni tidaklah tahan air serta paparan sinar matahari.

2. Roof Box

Bagasi jenis ini mempunyai ketahanan tambahan ketimbang roof bag. Roof Box ini terbuat dari material plastik sehingga mampu melindungi barang dari paparan sinar matahari ataupun air hujan.

Kelebihan lainnya adalah mudah dibongkar juga dipasang kembali, jadi pada waktu tidaklah dibutuhkan dapat dibongkar, juga dipasang ketika dibutuhkan. Selain itu, pemasangan roof box termasuk mudah, sebab tak perlu menimbulkan lubang pada atap mobil, Anda tinggal jepitkan sekadar pada antara atap lalu pintu.

3. Roof Rack

Roof rack ini terbuat dari unsur metal keras sehingga kokoh pada penempatannya.

Jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya, jenis ini lebih tinggi terbuka, sehingga ada baiknya untuk tidak ada meletakan barang yang dapat rusak apabila terkena air atau matahari.

Yang terpenting, pemobil harus paham mengenai muatan yang mana dapat diletakkan pada bagasi ini. Jika kelebihan muatan, tentunya bisa saja menciptakan atap rusak.

4. Roof Basket

Roof basket  (Subaruonlineparts)
Roof basket (Subaruonlineparts)

Bagasi jenis ini mirip dengan roof rack namun bedanya terdapat jaring. Sehingga dapat mudah untuk disesuaikan kebutuhan, misal pemobil dapat menambahkan terpal sebagai pelindung barang bawaan dari panas lalu hujan.

5. Bags Carrier

Dari keempat bagasi di tempat atas, bags carriers ini sedikit berbeda. Bags Carrier ini diletakkan pada bagian belakang mobil.

Jadi untuk pemobil yang mana tak ingin meletakkan barang di area atap mobil, sanggup memilih ini.

Untuk tampilan kemudian substansi yang dimaksud digunakan bags carrier ini hampir mirip seperti roof bag, hanya saja peletakan sekadar yang mana berbeda.

(Sumber: Suara.com)