Dilakukan 2 Kali Dalam Sehari, Sebenarnya Kapan Sih Waktu Tepat Gosok Gigi?

Dilakukan 2 Kali Dalam Sehari, Sebenarnya Kapan Sih Waktu Tepat Gosok Gigi?

Infocakrawala.com – Dalam menjaga kebugaran gigi, perawatan mudah yang dimaksud dilaksanakan yakni dengan menggosoknya secara rutin. Dalam hal ini, biasanya seseorang akan menggosok giginya 2 kali pada sehari. Hal yang dimaksud dipercaya dapat menjaga kebugaran gigi.

Namun, kebiasaan menggosok gigi ini sendiri juga rutin menjadi pertanyaan. Pasalnya, orang-orang masih bingung waktu yang dimaksud tepat untuk menggosok gigi yang digunakan baik. Lantas sebenarnya, kapan waktu yang mana tepat untuk menggosok gigi dengan baik?

Menanggapi hal tersebut,  Dokter Gigi, drg. Yulita Bong menjelaskan, waktu rutin menggosok gigi pada waktu di malam hari itu sudah ada jelas, yakni sebelum tidur atau makan terakhir. Hal ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan sebelum tidur.

Hal ini lantaran makanan sisa yang digunakan tertinggal apabila dibiarkan dan juga terkena dengan air liur, itu akan jadi masalah. Makanan itu yang tersebut nantinya menjadi faktor gigi berlubang.

Ilustrasi orang yang digunakan sedang menggosok gigi (Freepik/freepik)
Ilustrasi orang yang dimaksud sedang menggosok gigi (Freepik/freepik)

“Sebelum tidur udah pasti, jadi setelahnya makan terakhir itu sebelum tidur udah pasti. Karena kalau tidur itu kan air liurnya jadi sedikiT. Nah air liur Itu bikin kuman-kuman itu gampang untuk berprogres biak kemudian bikin lubang dalam situ,” ucap drg. Yulita ketika diwawancarai beberapa waktu lalu.

Sementara itu, untuk sikat gigi di area pagi hari ini tergantung dengan situasi. Seseorang boleh melakukan sikat gigi usai bangun tidur. Di sisi lain, seseorang boleh juga sikat gigi setelahnya sarapan. Hal ini juga disarankan agar menghilangkan sisa makanan pasca sarapan.

“Nah kalau pagi ini kan acara diributin apakah bangun tidur segera sikat gigi atau setelahnya sarapan. Tapi sebenarnya itu yang mana penting sikat gigi sebab mungkin saja kita nggak dapat maksain kebiasaan orang yang dimaksud terbaik itu. Sebenarnya memang benar pasca sarapan 15 menit disarankan sikat gigi, tapi kalau misalnya tidak ada memungkinkan ya pokoknya bangun tidur sikat gigi juga bukan apa-apa,” jelasnya.

Alasan sikat gigi penting sendiri dikarenakan apabila gigi alami kesulitan akan sangat mengganggu. Kondisi gigi yang tersebut alami gangguan dapat sebabkan tingkat kepercayaan menjadi menurun. Gigi yang mana tidak ada terawat juga sebabkan berbagai kesulitan di tempat antaranya:

1. Makan terganggu

Kondisi gigi yang tersebut bermasalah akan sebabkan makan terganggu. Hal ini sebab gigi yang mana sakit menimbulkan seseorang malas untuk makan.

2. Bau mulut

Gigi yang dimaksud bermasalah dapat sebabkan mulut menjadi bau. Hal ini akan menciptakan seseorang menjadi tiada nyaman dengan kondisinya.

3. Kepercayaan diri menurun

Ketika kondisi giginya rusak dan juga jelek dan juga bau, seseorang menjadi tidak ada percaya diri. Mereka justru akan merasa minder dengan kondisinya itu.

“Kadang kalau misalnya sakit gigi jadi untuk makanan terganggu dan juga bau mulut. Itu jadi terganggu, lalu yang tersebut penampilan juga terganggu. Gak jarang ketemu pasien yang kalau ketawa atau senyum prefer nggak ada giginya atau ditutupi. Karena merekan nggak percaya diri dengan bau atau giginya nggak rapi nah hal-hal itu yang digunakan mempengaruhi percaya diri seseorang dan juga mempengaruhi kualitas hidupnya,” pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)