Bisnis  

Tingkatkan Kinerja, SILO Terapkan Strategi Siloam 5.0

Infocakrawala.com – PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) anak bisnis PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) pada sektor layanan kesehatan, melanjutkan inisiatif pengembangan strategi jangka panjang Siloam 5.0 yang mana terdiri dari 4 pilar strategi utama untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

“Industri kemampuan fisik merupakan salah satu lapangan usaha atau sektor yang tersebut penting dan juga perlu dikembangkan dalam Indonesia. Terlebih lagi, perekonomian diperkirakan semakin bertumbuh kemudian keperluan akan prasarana kebugaran semakin tinggi,” kata Group direktur utama LPKR sekaligus Komisaris Utama SILO John Riady ditulis hari terakhir pekan (19/1/2024).

Seperti diketahui, pilar pertama di strategi Siloam 5.0 adalah Pertumbuhan Inti, yakni fokus pada kegiatan bisnis melalui kemitraan, operasional efisiensi lalu efektifitas, juga mengembangkan inovasi dan akses pasien.

Pada pilar kedua, Inisiatif Klinis, merupakan pengembangan klinik perawatan yang mana lengkap dan holistik untuk terapi pasien. Sementara itu, pilar ketiga, yaitu Perluasan Jaringan, memaksimalkan pemanfaatan rawat inap yang digunakan ada kemudian selektif mendirikan rumah sakit baru. 

Sedangkan di pilar keempat, yakni Bidang Kesehatan Digital, SILO bergerak mengembangkan platform digital untuk meningkatkan pengalaman dan juga interaksi pasien.

Lebih lanjut, 4 pilar strategi peningkatan yang disebutkan juga mencakup inisiatif pertumbuhan pendapatan kemudian manajemen biaya. Dalam inisiatif perkembangan pendapatan misalnya, SILO menetapkan paket nilai yang seragam di dalam berbagai rumah sakit. Selain itu, melakukan otomatisasi tim transaksi jual beli dan juga proses di pelayanan pasien.  

Dalam inisiatif manajemen biaya, SILO melakukan konsolidasi supplier, mengoptimasi operational expenditure (OPEX) dan juga efisiensi penggunaan capital expenditure (CAPEX), serta mengurangi pemborosan barang habis pakai.

“LPKR melalui SILO akan terus melanjutkan ekspansi untuk memenuhi permintaan layanan kebugaran di dalam Indonesia lalu komitmen untuk terus bertumbuh.” pungkas John.

(Sumber: Suara.com)