Jaga Bidang Kesehatan Mesin Mobil, Begini Pilih RON

Infocakrawala.com – Bahan Bakar Minyak atau BBM untuk mobil memiliki sejumlah pilihan, yang mesti disesuaikan untuk menjaga kondisi tubuh mesin kendaraan. Bahan bakar, pada hal ini bensin sejumlah tersedia di area pasaran dan juga mesti disesuaikan sesuai peruntukan masing-masing.

Dikutip dari Petroonline.com, tingkat oktan memainkan peranan penting pada menentukan kinerja, efisiensi lalu kesesuaian komponen bakar. Pengujian terhadap bilangan oktan penelitian atau Research Octane Number (RON) kemudian bilangan oktan motor alias Motor Octane Number (MON) menjadi cara menentukan profil substansi bakar lalu menentukan berapa sejumlah kompresi yang dimaksud mampu ditahan bensin sebelum dibakar di ruang bakar atau mesin.

Angka oktan hasil penelitian ini menunjukkan tingkat mudah terbakarnya unsur bakar mesin pada kecepatan kemudian suhu rendah. RON dirancang untuk menunjukkan kondisi material bakar di kondisi idle dan juga selama akselerasi.

Ilustrasi bensin. (Freepik)
Ilustrasi pengisian bensin dengan RON tertentu di dalam tangki mobil  (Freepik)

Semakin tinggi peringkat RON, semakin besar kompresi yang tersebut dapat ditahannya di mesin ketika terjadi perkembangan di tempat ruang bakar kemudian sebelum diteruskan ke proses terjadinya percikan api.

Di Britania Raya, peringkat RON standar adalah 95, juga semua mobil dibuat untuk bekerja secara efisien pada tingkat material bakar ini. Bahan bakar dengan oktan lebih lanjut tinggi dapat memiliki peringkat RON 97, 98, bahkan RON 100. Bahan bakar ini memiliki label biaya yang mana lebih tinggi tinggi lalu umumnya disukai oleh pengendara dengan kendaraan berperforma tinggi. Peringkat RON juga digunakan penyulingan minyak bumi, insinyur, produsen mobil, serta pemasar material bakar untuk menentukan biaya lalu mengoptimalkan pemasangan material bakar atau mesin.

Sedangkan di tempat Australia, ada tiga tingkat standar materi bakar yang tersebut diukur menggunakan peringkat RON. Yaitu substansi bakar dengan oktan reguler (tanpa timbal) disebut RON 91, lalu komponen bakar oktan premium kualitas menengah (RON 95), kemudian material bakar oktan premium kualitas tinggi (RON 98).

Dua bilangan oktan secara rutin digunakan untuk mensimulasikan performa mesin: RON mensimulasikan performa bensin pada tingkat keparahan rendah (pada 600 rpm serta suhu udara 49 derajat Celsius, sedangkan hitungan MON mencerminkan kondisi yang digunakan lebih lanjut parah (pada 900 rpm dan juga suhu udara 149 derajat Celsius.

Bagaimana di tempat Indonesia?

Dikutip dari laman resmi Astra Daihatsu, Badan Pengatur Hilir Minyak juga Gas Bumi (BPH Migas) mengelompokkan BBM menjadi Aviation Gasoline (Avgas), Aviation Turbine (Avtur), Minyak Tanah (Kerosin), High Speed Diesel (HSD), Minyak Diesel, Minyak Bakar, Biodiesel, kemudian Bensin.

Dengan pemisahan ini berdasarkan nilai RON, pengguna kendaraan dapat memilih jenis bensin yang tersebut sesuai dengan persyaratan mesin kendaraan merekan lalu menyesuaikan dengan keperluan performa tertentu.

Bensin biasa dengan RON 91 miliki nilai terendah, bensin kelas premium memiliki RON 95, kelas super 98 ROZ, dan juga material bakar “Super Plus” yang tersebut lebih banyak baru memiliki RON 100 ke atas.

Berikut kategori bensin berdasarkan nilai RON di dalam Indonesia

RON 88

  • Bensin yang mana dihasilkan melalui proses distilasi minyak bumi. Karakteristiknya warna warna kekuningan dari zat pewarna tambahan.
  • Jenis bensin ini umumnya digunakan pada kendaraan bermotor seperti sepeda gowes motor juga mobil.

RON 92

  • Seperti bensin yang miliki RON 88, RON 92 direkomendasikan untuk kendaraan yang dimaksud sudah ada menggunakan sistem EFI (Electronic Fuel Injection) kemudian Catalytic Converter.
  • Keunggulan RON 92 adalah nilai oktan yang tersebut tinggi dan juga tanpa isi timbal.

RON 95

  • Bensin berkualitas tinggi yang dimaksud memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (WWFC). Jenis bensin ini dikembangkan untuk memberikan performa optimal untuk berbagai jenis kendaraan.

Sebagai catatan, agar komponen bakar bekerja optimal selalu lakukan perawatan rutin mesin mobil di area bengkel terpercaya. Bagi pengguna kendaraan brand Daihatsu silakan menikmati berbagai layanan yang digunakan disiapkan authorized dealer, termasuk service kilat under an hour. Sehingga kondisi terkini mesin dapat diupdate secara cepat.

(Sumber: Suara.com)