Suzuki New Carry Dominasi Pasar Kendaraan Niaga Ringan di tempat 2023

Infocakrawala.com – Suzuki New Carry melakukan penutupan tahun 2023 dengan menjadi salah satu produk-produk yang mana mendominasi juga mengungguli jualan kendaraan komersial ringan secara nasional dengan bilangan bulat pemasaran sebesar 44.391 unit untuk secara ritel selama 2023.

Seperti dilansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), transaksi jual beli Suzuki New Carry ini sebenarnya turun dari 2022 lalu yang mana mencapai 52.322 unit.

Meski demikian Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS Randy R. Murdoko mengungkapkan New Carry masih menguasai pangsa pangsa kendaraan niaga ringan, dengan market share 49 persen. Angka ini juga turun dari 2022, ketika Suzuki Carry menguasai 52 persen pasar.

“Kendaraan komersial Suzuki melalui New Carry juga merajai pemasaran retail kendaraan komersial ringan secara nasional. Sepanjang tahun 2023, New Carry berhasil mendominasi market share perdagangan low pick up nasional sebesar 49 persen,” kata Randy pada Jakarta, Hari Jumat (19/1/2024).

New Carry juga sekaligus berkontribusi sebesar 54 persen untuk jualan ritel Suzuki secara keseluruhan. Performa perdagangan yang mana positif ini dipengaruhi oleh perkembangan dunia usaha Indonesia yang mana turut meningkatkan produktivitas bidang usaha para pelanggan kendaraan komersial Suzuki. 

Mengacu data dari Bank Indonesia, peningkatan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2023 memang sebenarnya menunjukkan hasil yang mana positif yaitu berada pada kisaran 4,5 sampai 5,3 persen

New Carry mempunyai desain fleksibel dengan daya angkut yang tersebut besar mencapai 1 ton dengan ukuran bak yang tersebut luas untuk menyebabkan berbagai barang bawaan. 

Sering digunakan sebagai kendaraan untuk menunjang aktivitas penjualan, New Carry juga hadir dengan biaya yang cukup terjangkau baik dari biaya pembelian hingga biaya kepemilikan.

Dengan kinerja tangguh, efisiensi unsur bakar, lalu desain praktis, New Carry sangat diminati oleh pelaku industri serta pelaku bisnis di tempat Indonesia khususnya untuk tempat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, kemudian Bekasi yang tersebut menjadi kontributor utama pemasaran New Carry sebesar 27 persen.

Mobil komersil ini mempunyai daya tarik besar pada wilayah lainnya pula seperti Jawa Tengah & Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur serta Kalimantan Utara, juga Bali lantaran dinilai miliki fungsionalitas di menyokong bidang usaha para wirausahawan sehari-hari. 

Selain itu, ketersediaan layanan titik servis menjangkau tempat terpencil dengan jarak hingga 30 km dari pusat kota juga menambah rasa tenang bagi para pemilik New Carry.

Sebagai penutupan tahun 2023, perdagangan New Carry juga mengalami peningkatan pada bulan Desember sebesar 26 persen. Dari hasil ini, Suzuki optimistis untuk menunjukkan komitmen di memberikan item lalu layanan terbaik guna memenuhi ekspektasi pelanggan dalam masa mendatang.

“Peningkatan jualan pada bulan Desember juga hasil yang dimaksud positif terhadap total pemasaran New Carry menghadirkan semangat bagi Suzuki untuk memasuki tahun yang baru,” tutup Randy.

(Sumber: Suara.com)