Selamat ! Bank Mandiri Umumkan Jawara Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023

Selamat ! Bank Mandiri Umumkan Jawara Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023

Infocakrawala.com – Bank Mandiri kembali mengatur kompetisi wirausaha terbesar dalam Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023, yang tersebut berhasil mencetak kampiun baru dari berbagai bidang usaha.

WMM 2023 merupakan acara unggulan Bank Mandiri yang digunakan sudah pernah berlangsung sejak 2007 lalu menjadi wujud nyata dari komitmen Bank Mandiri di mengupayakan pengembangan wirausaha muda Indonesia.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman mengatakan, WMM merupakan kegiatan andalan dari Bank Mandiri yang mana diselenggarakan sejak 2007 juga merupakan wujud konsistensi Bank Mandiri pada menggalang pengusaha perusahaan muda Indonesia. Konsistensi yang disebutkan tiada hanya sekali berhenti pada tahapan kompetisi, namun berlanjut pada tahap pendampingan, pengembangan usaha, dan juga juga iklan nasional dan juga lokal yang didukung oleh Bank Mandiri.

“WMM tidaklah belaka menjadi event perlombaan saja, tetapi sudah ada menjadi sebuah komunitas entrepreneur muda yang tersebut solid kemudian terus meluas dari tahun ke tahun. Ini adalah yang dimaksud menjadi semangat bagi kami untuk terus konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia,” ujar Ali, pada puncak WMM Award 2023 di tempat JW Marriot, Surabaya, Hari Jumat (19/1/2024).

Tahun ini, WMM berhasil menjaring 8.290 pendaftar dari seluruh Indonesia, dengan beragam jenis kemudian kategori usaha. Dari total tersebut, terpilih 24 kontestan yang mana lolos ke fase final, yang kemudian diuji secara segera oleh para majelis juri, yang digunakan terdiri dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Pendiri Cultivar Coffeehouse Wulan Guritno, Penggagas USS Network Sayed Muhammad lalu CMO Fore Coffee Matthew Adrian.

Dari 24 partisipan yang mana berhasil lolos ke sesi final, Arka Irfani terpilih menyebabkan gelar kejuaraan Best of Best WMM 2023, dengan nama kegiatan bisnis Bell Living Lab. Ia berhasil menyebabkan pulang hadiah sebesar Rp500 juta.

Arka mengembangkan industri pemanfaatan limbah kopi untuk disulap menjadi barang fashion yang kekinian, sehingga material yang disebutkan menjadi barang yang berkelanjutan juga dapat digunakan banyak orang

“Saya merasa, WMM sangat bermanfaat oleh sebab itu dapat bertemu dengan orang-orang yang digunakan inspiratif lalu mampu saling kolaboratif. Saya bukan menyangka bisa saja mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan perusahaan sehingga komoditas kami semakin luas dimanfaatkan orang. Semoga WMM dapat terus meinspirasi generasi muda,” kata Arka.

Selain Arka Irfani, terdapat juga pemenang Best of the Best dari masing-masing kategori business existing, yaitu Kategori Boga, Sosial & Lingkungan, Teknologi, juga Kreatif. Berikut adalah daftar lengkap para pemenang WMM 2023 Business Existing:

Kategori Boga:

Juara 1: Muhammad Bayu Hermawan dengan usaha Tambiyaku, yang mana merupakan perusahaan makanan sehat berbahan dasar sorgum yang dimaksud terjangkau.

Juara 2: Redha Taufik Ardias dengan usaha Sila Artisan Tea, yang digunakan merupakan produsen teh yang mana hadir sejak tahun 2018, di misi mengangkat citra produk-produk agri Indonesia untuk kesejahteraan insan tani, “consumer wellness”, serta kelestarian alam Nusantara.

Juara 3: Wiko Puji Susanto dengan industri Fishsnack, yang digunakan merupakan snack bergizi dari ikan yang hadir untuk memudahkan makan ikan menjadi lebih banyak praktis, diproduksi dari hulu sampai hilir dengan memberdayakan petani ikan.

Kategori Sosial & Lingkungan:

Juara 1: Mohammad Rofiul Ulum dengan industri Bintang Songo Indonesia, yang mana merupakan perniagaan yang mana mengutamakan Pemberdayaan Masyarakat, khususnya Ibu Rumah Tangga di dalam Sektor jasa pengolahan limbah Kayu lapis menjadi Bahan Baku Pengembang Triplek atau Plywood yang dimaksud berada di area Lumajang

Juara 2: Yonatan Soedarto Prasetia dengan usaha Truly Natural Organic, yang tersebut merupakan komoditas bumbu alami, cocok untuk vegan, non-MSG, non-GMO, bukan mengandung soya, tiada menggunakan materi pewarna dan juga seluruh unsur memberdayakan hasil dari para petani.

Juara 3: Arif Rahman Faiza Asri dengan bidang usaha Nom Nom Herbs & Spices, yang dimaksud merupakan perusahaan rintisan yang tersebut mengembangkan metode, teknologi, kemudian habitat pertanian berkelanjutan dari hulu ke hilir dengan dukungan pembinaan secara segera terhadap para petani.

Kategori Teknologi:

Juara 1: Sandy Wijaya dengan kegiatan bisnis Ciroes, yang dimaksud merupakan Circular economy marketplace yang menghubungkan penjual juga pembeli sampah daur ulang untuk bertransaksi dengan mudah, cepat, serta menguntungkan melalui satu platform

Juara 2: Ratih Rachmatika dengan bidang usaha SIAB Indonesia, yang dimaksud merupakan sistem yang tersebut mengatasi permasalahan air bersih dari hulu ke hilir mulai dari penemuan sumber mata air, filtrasi air bersih secara otomatis sesuai standar kemenkes, pendistribusian air yang tersebut dilaksanakan secara realtime dan juga online dengan teknologi Jaringan Internet of Things (IoT) belaka dengan satu alat (one stop solution).

Juara 3: Benarivo Triadi Putra dengan industri Atourin, yang digunakan merupakan penyedia katalog inventory desa wisata se-Indonesia yang digunakan terdiri dari paket wisata, lokal experience, homestay desa, dan juga souvenir atau oleh-oleh khas desa wisata.

Kategori Kreatif:

Juara 1: Arka Irfani dengan usaha Bell Living Lab, yang digunakan merupakan kegiatan bisnis di pemanfaatan limbah kopi untuk disulap menjadi produk-produk fashion yang digunakan kekinian. Menjadikan materi tersebut, materi yang berkelanjutan serta dapat digunakan berbagai orang

Juara 2: Evan Nico Kristanto dengan industri Locarpet Craft, yang dimaksud merupakan Layanan seni kreatif karpet berbasis di tempat Magelang yang digunakan menonjolkan esensi aksesori yang menunjang suasana di ruangan melalui seni juga desain untuk interior.

Juara 3: Rafida Nur Aini dengan perusahaan Medividi, yang merupakan perhiasan berbahan dasar kuningan dilapisi emas 18 karat yang tersebut juga menerima custom order untuk wedding, engagement, lalu special occasion lainnya dengan material perak, emas, lalu palladium juga berbagai macam batu.

Di samping pemenang Business Existing, terdapat juga Pemenang Business Plan Muhammad Al Faaiz, dengan kegiatan bisnis Yumi “live young & healthy”, yang dimaksud merupakan Fruit Soyghurt Drink yang mana difermentasi dengan biji kedelai, buah-buahan juga bakteri baik yang digunakan tinggi akan protein juga probiotik.

Malam penganugerahan WMM 2023 juga dimeriahkan oleh hiburan dari Salma. Acara ini menjadi bukti dari kesuksesan serta keberhasilan WMM di menciptakan wirausaha muda yang mana tangguh, kreatif, kemudian inovatif.

“Kami sangat bangga kemudian senang dengan hasil yang tersebut dicapai oleh para pemenang WMM 2023. Mereka adalah generasi muda yang tersebut miliki semangat serta visi yang tersebut tinggi pada berbisnis. Kami berharap dengan adanya WMM, merek dapat terus mengembangkan perniagaan mereka itu serta menjadi inspirasi bagi pengusaha perusahaan muda lainnya,” ungkap Ali.

Bank Mandiri juga berharap, pihaknya dapat terus mengadakan WMM sebagai bagian dari inisiatif Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) juga upaya Bank Mandiri untuk mencetak generasi muda yang mana tangguh.

(Sumber: Suara.com)