Airlangga Tinjau Pelabuhan Patimban kemudian Berharap Akan Menjadi Kawasan Penopang Industri

Airlangga Tinjau Pelabuhan Patimban kemudian Berharap Akan Menjadi Kawasan Penopang Industri

Infocakrawala.com – Menteri Koodinasi Perekonomian, Airlangga Hartanto melakukan kunjungan guna meninjau progres Proyek Penting Nasional (PNS) Pelabuhan Patimban yang tersebut berada pada Subang, Jawa Barat, Rabu (24/1/2024).  

“Kunjungan ini untuk mengamati proyek strategis nasional (PSN) terkait dengan Pelabuhan Patimban,” ujarnya.

Airlangga mengatakan, Pelabuhan Patimban menjadi nadi pengembangan kawasan Rebana kemudian menopang kawasan lapangan usaha di dalam Bekasi, Karawang, kemudian Purwakarta.  

“Kunjungan ini untuk mengawasi proyek strategis nasional terkait Pelabuhan Patimban. Hari ini, kita lihat pada belakang kendaraan yang mana dikirimkan ke pasar internasional ke berbagai negara termasuk Jepang, Singapura serta lain-lain. Kalau kita lihat, ekspor otomatif Indonesia meningkat setiap tahun,” tambahnya.

Airlangga sendiri mengungkapkan bahwa aktivitas eskpor otomotif Indonesia telah tercatat meningkat di tempat setiap tahunya. Untuk Pelabuhan Patimban sendiri, disiapkan sekitar 218 ribu dengan pencapaian pada 2023, tembus 223 ribu atau dalam berhadapan dengan 100 persen.  

“Sudah bisa saja dimanfaatkan secara maksimal. Tentu kira berharap,  kapasitasnya akan naik. Kontainer-kontainer yang selama ini ke Tanjung Priok, mungkin saja sebagian besar sanggup dialihkan ke Pelabuhan Patimban,” ujarnya. 

Airlangga menyebutkan, invetasi tahap pertama sekitar Rupiah 18 triliun, tahap kedua sekitar Rp14 triliun, dan juga penanaman modal jalan tol sekitar Rp10 triliun.  

(Sumber: Suara.com)