Bisnis  

Cara Bank Daerah Genjot Inklusi Keuangan Demi Ciptakan Efisiensi Kondisi Keuangan

Cara Bank Daerah Genjot Inklusi Keuangan Demi Ciptakan Efisiensi Kondisi Keuangan

Infocakrawala.com – Bank DKI ingin terus menggenjot inklusi keuangan Indonesia. Berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan layanan digital pada berbagai bidang.

Pasalnya, inklusivitas keuangan yang mana tinggi pada suatu negara dapat menciptakan efisiensi ekonomi juga dapat memperkuat stabilitas sistem keuangan nasional.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menjelaskan, pihaknya pada saat ini telah terjadi miliki layanan digital yang digunakan telah dilakukan dapat dinikmati oleh seluruh klien Bank DKI, yaitu super apps JakOne Mobile Bank DKI. 

Aplikasi ini bisa jadi memberikan layanan digital antara lain membuka akun secara online, pengiriman antar rekening, scan QRIS, pembayaran berbagai tagihan dan juga belanja, hingga Zakat kemudian Donasi.

Selain itu, Bank DKI juga mengembangkan JakOne Abank bagi para pelaku UMKM, layanan digital lain seperti Cash Management System, maupun program pengajuan kredit secara online dengan perangkat lunak JakLoan. 

Dalam hal pelayanan kegiatan non-tunai berbasis kartu, Bank DKI terus memperluas penerimaan JakCard yang dimaksud berfungsi sebagai kartu uang elektronik pada berbagai moda transportasi DKI Jakarta, termasuk tiket masuk sebagian museum dan juga tempat wisata di dalam Jakarta, seperti Monas, Taman Margasatwa Ragunan, dan juga Ancol.

Selanjutnya, di upaya mengupayakan pariwisata di dalam Daerah Perkotaan Jakarta, Bank DKI berkolaborasi dengan eksekutif Provinsi DKI DKI Jakarta melalui Dinas Wisata kemudian Sektor Bisnis Kreatif memperkenalkan solusi digital, Ibukota Indonesia Tourist Pass.

Kartu ini berbasis elektronik/e-money (JakCard Bank DKI) juga dompet elektronik/e-wallet (JakOne Pay Bank DKI) yang dibuat demi memudahkan para wisatawan mengakses destinasi populer, transportasi, juga layanan pariwisata lainnya di area kota Jakarta.

“Kami berharap inisiatif-inisiatif yang tersebut dilaksanakan Bank DKI dapat disambut baik dan juga berdampak positif terhadap peningkatan inklusi keuangan di dalam Indonesia,” ujar Arie untuk wartawan dikutipkan Kamis (25/1/2024).

Selain itu, Bank DKI juga memperluas layanan finansial dengan memaksimalkan peluang digital guna menghadirkan kemudahan kegiatan terhadap nasabah, khususnya pada sektor pendidikan. 

Kini, Bank DKI telah lama bekerjasama dengan Fakultas Kondisi Keuangan lalu Bisnis Universitas Padjajaran (FEB Unpad) dan juga Politeknik STIA LAN pada pemanfaatan produk-produk kemudian jasa layanan perbankan juga pendidikan, yang ditandai dengan seremonial penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, dalam Bandung pada Hari Sabtu (20/1/2024).

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Pekerjaan (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono menyambut baik kolaborasi yang dimaksud terjalin dengan FEB Unpad kemudian Politeknik STIA LAN dan juga berharap dapat memperluas lingkungan keuangan Bank DKI dalam sektor pendidikan. 

Dalam kerjasama ini, Bank DKI juga akan menyediakan layanan perbankan yang dapat digunakan FEB Unpad juga Politeknik STIA LAN sebagai kelembagaan, maupun siswa pada kedua Lembaga Pendidikan tersebut.

“Layanan yang disebutkan mencakup diantaranya pendidikan, penelitian, pengabdian untuk masyarakat, pemagangan mahasiswa, perbantuan tenaga ahli, juga pemanfaatan jasa layanan perbankan serta non perbankan,” tutur Amirul.

(Sumber: Suara.com)