Bisnis  

Perusahaan Teknologi Tumbang! TikTok, eBay PHK Karyawan

Korporasi Teknologi Tumbang! TikTok, eBay PHK Karyawan

Infocakrawala.com – Sejumlah perusahaan teknologi global mulai mengalami kesulitan di menjalankan opersionalnya. Kekinian TikTok kemudian eBay baru belaka mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya.

TikoTok jaringan video pendek jika China itu mengeluarkan sekitar 60 pegawai yang bekerja di tempat divisi sales lalu iklan. Sementara eBay wadah pemasaran online jika Amerika Serikat (AS) merumahkan sekitar 1.000 pekerjanya

Pekerja yang terdampak PHK TikTok ini adalah dia yang berlokasi di area negara lain hingga Amerika Serikat, khususnya Los Angeles, New York, hingga Austin.

TikTok mengaku kalau PHK ini dilaksanakan sebagai bagian dari reorganisasi rutin. Namun laporan lain mengumumkan kalau perusahaan itu menghentikan karyawan demi memangkas biaya.

Ini tidak kali pertama TikTok PHK massal. Di pertengahan 2022 lalu, TikTok sudah ada menghentikan 100 karyawan yang tersebut bekerja di area Negeri Paman Sam juga Eropa.

Kemudian pada 2023 kemarin, TikTok juga mengumumkan PHK untuk para karyawan yang dimaksud bekerja di tempat Dublin, ibu kota Irlandia. Namun perusahaan mengklaim kalau pemecatan ini cuma berefek pada sebagian kecil pegawai.

Sementara itu perusahaan induk TikTok, ByteDance, juga telah melakukan PHK massal untuk unit usaha Nuverse. Hal ini adalah perusahaan pengembang game yang digunakan mengembangkan permainan seperti Marvel Snap.

Sedangkan eBay memangkas 1.000 karyawannya atau sekitar 9% dari total pekerjanya. pimpinan perusahaan mengumumkan secara online pada hari Selasa.

Perusahaan juga berencana mengempiskan kontraknya dengan “tenaga kerja alternatif” di beberapa bulan mendatang.

Mengutip CNN, Rabu (24/1/2024) pimpinan Jamie Iannone mengumumkan “lingkungan makroekonomi yang digunakan menantang” sebagai tekanan eksternal namun menambahkan bahwa ada beberapa faktor yang dimaksud dapat dikendalikan oleh perusahaan.

“Meskipun kami mengalami kemajuan di strategi kami, total pegawai serta pengeluaran kami secara keseluruhan telah terjadi melampaui pertumbuhan bidang usaha kami. Untuk mengatasi hal ini, kami menerapkan pembaharuan organisasi yang mana menyelaraskan juga mengkonsolidasikan regu tertentu untuk meningkatkan pengalaman end-to-end, lalu memenuhi keperluan pelanggan kami dalam seluruh dunia dengan lebih lanjut baik,” kata catatan itu.

Iannone memohon karyawan Amerika Serikat bekerja dari rumah pada tanggal 24 Januari “untuk memberikan ruang dan juga privasi di percakapan ini.” Dia menyatakan karyawan akan diberitahu apabila mereka diberhentikan oleh pimpinannya akibat Zoom.

“Kami berazam untuk memperlakukan semua orang dengan rasa hormat lalu empati melalui transisi ini dan juga memberikan dukungan dan juga sumber daya untuk karyawan yang terkena dampak,” kata Iannone.

Tindakan eBay ini merupakan gelombang PHK terbaru yang tersebut melanda lapangan usaha teknologi pada bulan pertama tahun 2024, pasca tahun 2023 yang telah sulit bagi sektor ini.

Bulan ini, direktur utama Google Sundar Pichai mengingatkan karyawannya akan adanya PHK tambahan pada bulan-bulan mendatang sebab raksasa teknologi yang disebutkan melakukan reorientasi terhadap kecerdasan buatan “dan seterusnya.” Duolingo memberhentikan sekitar 10% pekerja kontraknya sebab merek semakin bergantung pada kecerdasan buatan. Amazon juga memangkas beratus-ratus pekerjaan , termasuk di area media streaming Twitch.

Hampir 11,000 karyawan teknologi telah lama diberhentikan pada 63 perusahaan sejauh ini pada tahun 2024, menurut data dari layoffs.fyi.

(Sumber: Suara.com)