Pantang Berkendara Agresif Saat Hujan, Begini Alasannya

Pantang Berkendara Agresif Saat Hujan, Begini Alasannya

Infocakrawala.com – Melaju bersatu sepeda gowes motor kesayangan ketika hujan turun juga mengamati kendaraan-kendaraan lainnya melipir menimbulkan semangat buat mendahului atau melahap trek terlebih dahulu? Nanti dulu. Ini adalah bukanlah persoalan menyalip atau siap menjadi pemimpin di dalam bagian terdepan. Melainkan menakar kemungkinan buruk, apakah ada genangan air dalam hadapan nantinya.

Dikutip dari rilis resmi Yamaha Indonesia sebagaimana diterima Suara.com, berkendara di dalam musim hujan membutuhkan fokus serta konsentrasi lebih tinggi tinggi mengingat medan yang mana dihadapi bukanlah kondisi seperti biasa. Yaitu tanpa guyuran hujan juga kemungkinan faktor bahaya. Antara lain genangan air, banjir, sampai trek licin.

“Kondisi jalan yang digunakan basah dan juga tergenang air memproduksi risiko kecelakaan menjadi lebih banyak besar. Untuk itu, fokus yang mana tinggi, persiapan yang tersebut matang juga pemahaman berkendara yang baik dan juga pemilihan jalur yang tersebut tepat, menjadi poin-poin yang dimaksud penting untuk menjaga safety riding ketika berkendara di dalam musim hujan,” demikian jelas Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Agar kinerja motor matik tetap saja seru, jangan lewatkan perawatan rutin [PT YIMM].
Perawatan rutin sepeda gowes motor Yamaha, penting dilaksanakan apalagi pada waktu musim hujan  [PT YIMM].

Dalam situasi ini, keinginan berkendara lebih lanjut agresif juga mesti ditiadakan, mengingat kondisi medan yang digunakan menuntut cara mengemudikan sepeda gowes motor dengan tertib dan juga penuh kewaspadaan.

Berikut tips naik motor pada waktu musim hujan yang tersebut dibagikan Yamaha Riding Academy (YRA):

Tidak berkendara secara agresif

  • Sebelum memulai perjalanan sama-sama sepeda gowes motor di dalam pada waktu hujan mesti ditanamkan di dalam benak bahwa cara mengemudi harus jauh-jauh dari niat berkendara agresif.
  • Pasalnya, trek di kondisi hujan merupakan jalan licin juga jarak pandang terbatas. Sehingga semangat mengemudi harus disikapi dengan cara berkendara yang digunakan bijak. Antara lain tidaklah mengemudikan kendaraan beroda dua motor pada kecepatan yang mana tinggi juga rutin mendahului pengendara lain. Hindari pula mengerem secara mendadak sebab pada waktu jalan licin, traksi ban ke aspal menjadi tidak ada optimal sehingga ada risiko terjadi selip.
  • Tanamkan terhadap diri sendiri agar selalu jaga jarak aman dan juga berkendaralah pada kecepatan sedang dan juga konstan.

Motor mesti di kondisi sehat

  • Lakukan pengecekan sepeda gowes motor sebelum berkendara serta meyakinkan motor pada kondisi layak jalan.
  • Di musim hujan ada beberapa komponen motor yang tersebut memiliki peranan vital juga penting untuk dicek, seperti ban yang dimaksud berfungsi menjaga traksi ke permukaan jalan, lampu penerangan yang membantu jarak pandang, sistem pengereman untuk deselerasi kecepatan pada permukaan jalan yang basah lalu licin, juga beberapa komponen pendukung berkendara lainnya.
  • Bila ada komponen motor yang digunakan dirasa perlu untuk dicek lebih lanjut lanjut atau diganti, konsumen kendaraan beroda dua motor Yamaha dapat memanfaatkan aplikasi mobile My Yamaha Motor. Karena melalui aplikasi mobile ini dapat mengecek lokasi dealer terdekat hingga menciptakan jadwal booking service semakin mudah lalu praktis lewat smartphone.

Selalu siap sedia jas hujan

  • Pilih mantel atau jas hujan two-pieces terdiri dari atasan dan juga celana panjang, bukanlah model satu piece yang mana berkibar-kibar lalu berpotensi tersangkut pada rantai sepeda gowes serta berbagai komponen sepeda gowes motor.
  • Peranti ini termasuk wajib dibawa pada waktu musim hujan, selain menyebabkan pengguna tidak ada kehujanan, juga mengempiskan terpaan angin dan juga hawa dingin ketika mengemudi.

Sebelum berangkat kumpulkan informasi masalah rute

  • Dengan mendapatkan informasi terkini, bisa jadi dipilih rute yang tersebut memperkuat unsur keselamatan atau safety ketika berkendaraan.
  • Hindari jalan di area mana kerap terjadi genangan air atau banjir. Apabila pengendara nekat menerjang jalanan banjir, selain berbahaya, motor mampu mengalami kecacatan serius.

Berhentilah ketika hujan deras

  • Bila intensitas hujan sangat tinggi, cari tempat aman untuk berteduh. Salah satu alasannya, jarak pandang pasti terganggu lalu genangan air pada jalan menciptakan sepeda gowes motor sulit dikontrol.
  • Pastikan lokasi menepi aman, tiada berada dalam bawah jembatan, underpass, atau ruang umum lainnya yang tersebut dapat mengganggu arus lalu-lintas juga menyebabkan kemacetan.

Rawat segera kendaraan beroda dua motor setelahnya diajak menembus hujan

  • Saat pengaplikasian pada musim hujan, sepeda gowes motor berpotensi kotor akibat lumpur kemudian tanah yang tersebut menempel dan juga berpotensi menyebabkan karat.
  • Segera cuci motor kemudian beri pelumas pada bagian yang rawan berkarat, seperti standar samping dan juga tengah, footstep, dan juga kaki-kaki motor.
  • Cek kondisi oli juga busi untuk menegaskan bukan ada air yang mana masuk ke pada ruang mesin.

(Sumber: Suara.com)