Keseruan F1 Hadirkan Gran Premio de Espana

Keseruan F1 Hadirkan Gran Premio de Espana

Infocakrawala.com – Formula 1 atau balap jet darat F1 terus melakukan pembaruan kemudian bentuknya, termasuk langkah menuju laga ramah lingkungan juga hadirnya energi terbarukan. 

Di masa mendatang, F1 juga menyediakan sirkuit baru, dengan konsep terintegrasi yang mana seru.

Ide itu bisa saja disimak dari pengerjaan sebuah sirkuit baru yang mana akan segera menjadi tuan rumah Formula 1 Gran Premio d’Espana.

Dikutip dari laman resmi F1, Formula 1, sirkuit gres pada Negeri Matador ini akan segera menjadi tuan rumah mulai musim 2026.

Sirkuit baru F1 pada Madrid, Spanyol ini akan berbasis di dalam sekitar pusat pameran IFEMA Madrid di tempat distrik Barajas, cuma sekian menit jaraknya dari bandara Adolfo Suarez. Juga hanya sekali 16 km dari pusat kota, mampu ditempuh lewat jalur mobil, bus, kereta api, kemudian kereta bawah tanah yang digunakan sangat baik konektivitasnya.

Sirkuit Madrid yang akan siap menyelenggarakan event F1 mulai 2026 [screenshot Formula 1]
Sirkuit Madrid yang dimaksud akan siap mengatur event F1 mulai 2026 [screenshot Formula 1]

Zona sirkuit akan dibagi menjadi dua zona utama, zona pertama mencakup lokasi Recinto Ferial milik IFEMA yang digunakan telah ada–yang miliki aula, auditorium, lalu pusat konvensi—dan zona kedua melintasi area perluasan utara Valdebebas, yang akan dilayani zona baru, yaitu jalur kereta bawah tanah di tempat masa depan.

Bila pembangunan sirkuit pada Madrid itu selesai, letaknya dalam sebelah kompleks tempat latihan Real Madrid Sport City dan juga bergabung dengan beberapa arena olah raga terkenal lainnya di dalam ibu kota, termasuk stadion lengkap Real Madrid–Santiago Bernabeu– juga Stadion Civitas Metropolitano milik rivalnya, Atlético Madrid.

Dari catatan sirkuit baru tadi, F1 telah lama mengerjakan sejumlah model rute sejak pembicaraan dengan IFEMA dan juga perwakilan mereka yang digunakan menciptakan proposal trek sepanjang 5,474 km, 20 lap serta perkiraan waktu  kualifikasi sekitar 1 menit 32 detik.

“Dari saran pertama hingga akhir yang mana diberikan terhadap kami, ada sekitar 24 model lintasan,  kemudian ada sejumlah investigasi sub-model dan juga detail yang berbeda,” jelas Craig Wilson, Kepala Kemampuan F1, yang digunakan terlibat di prosesnya dari awal. 

“Kami sekarang mempunyai sebuah konsep yang mana dengan senang hati kami lanjutkan pengembangannya serta kami sangat gembira melihatnya terwujud,” lanjutnya.

Segi layout, desainnya adalah tata letak yang menampilkan segalanya mulai dari fast corner hingga sharp hairpin, lalu rute lurus panjang sampai throttle pendek, menawarkan pengalaman yang digunakan bervariasi bagi mereka itu yang digunakan berada di dalam belakang kemudi. 

“Saya pikir ini akan menjadi tantangan bagus bagi para pembalap,” tambah Craig Wilson.

Sirkuit akan menggunakan jalan umum serta lahan pribadi, jadi beberapa bagian dirancang agar lebih lanjut terasa seperti sirkuit jalan raya kemudian bagian lainnya lebih tinggi seperti sirkuit permanen –-mencerminkan apa yang tersebut terlihat di tempat Sirkuit Miami International F1.

“Ini berada pada antara apa yang tersebut dianggap sebagai tata letak trek jalan raya normal serta lebih lanjut ke arah tata letak gaya sirkuit permanen,” kata Craig Wilson. 

“Banyak tempat yang miliki instalasi tipe sirkuit sementara, namun ada bagian lain yang digunakan kemungkinan besar terlihat atau terasa sedikit berbeda tergantung pada langkah implementasi akhir yang tersebut sesuai dengan lokasi IFEMA,” pungkasnya. 

(Sumber: Suara.com)