Rem Motor Bunyi pada waktu Musim Hujan, Hal ini Penyebabnya

Rem Motor Bunyi pada waktu Musim Hujan, Hal ini Penyebabnya

Infocakrawala.com – Ada satu gejala yang mana banyak terjadi pada sepeda gowes motor pada musim hujan: rem motor bunyi pada waktu ditarik atau diinjak. Apakah penyebabnya?

Menurut Astra Motor, salah satu distributor sepeda gowes motor Honda dalam Indonesia, ada beberapa pemicu muncul bunyi pada waktu rem motor digunakan. Semuanya berkaitan dengan cakram kemudian kampas rem. 

Berikut adalah penjelasannya:

1. Cakram terkena air

Di musim hujan, komponen rem pada motor pasti terus-menerus terkena atau terciptrat air. Lalu, air yang dimaksud bercampur dengan kotoran akan menyebabkan cakram menjadi kesat. Sehingga hal itu menyebabkan bunyi berdecit pada pada waktu melakukan pengereman.

Suara berdecit yang disebabkan oleh sebab itu terkena air bisa jadi hilang dengan sendirinya. Jadi, Anda bukan perlu panik ketika mendengar kata-kata berdecit setelahnya membersihkan motor Anda.

2. Kampas rem kotor

Penyebab rem bunyi berdecit juga bisa saja berasal dari kampas rem yang dimaksud kotor. Debu atau krikil halus yang menempal pada cakram atau masuk ke pada kampas rem bisa saja menjadi faktor timbulnya pernyataan berdecit pada pada waktu melakukan pengereman.

Jika kotoran atau debu ini dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan kotoran itu menjadi kerak. Sehingga akan menyebabkan bunyi berdecit pada ketika kampas  bergesek dengan kerak yang dimaksud ada di area cakram. Sebaiknya Anda rutin membersihkan motor agar tak ada kotoran atau debu yang digunakan menempel, khususnya dalam musim hujan.

3. Cakram rem bermasalah

Penyebab lain adalah sebab adanya kesulitan pada cakram rem motor Anda. Jika sudah ada mulai muncul bunyi, maka Anda sanggup melakukan pengecekan pada cakram rem motor Anda masih rata atau tidak.

Cakram yang digunakan tiada rata bisa jadi menjadi pemicu bunyi berdecit pada pada waktu melakukan pengereman. Cakram yang dimaksud sudah ada tiada rata juga berbahaya untuk keselamatan apabila dibiarkan terus menerus. Oleh lantaran itu, segeran Anda melakukan servis pada bengkel dan juga melakukan pergantian cakram.

4. Kampas rem tipis

Terakhir adalah faktor kampas rem yang dimaksud telah tipis. Ciri dari kampas rem tipis bisa saja dirasakan dengan cengkraman rem yang sudah ada tidak ada terlalu kuat dari sebelumnya. Hal itu menyebabkan fungsi rem turun dan juga Anda belaka akan mendengar decitan.

Oleh oleh sebab itu itu, Anda harus melakukan pengecekan pada kondisi kampas rem motor Anda. Jika sudah ada tak layak untuk dipakai, maka Anda mampu melakukan servis di area bengkel juga mengganti kampas rem dengan yang mana baru.

Demikianlah faktor bunyi pada motor pada waktu mengerem. Semoga membantu.

(Sumber: Suara.com)