Indah Permatasari Ajak Anak Main Flashcard, Apa Sih Manfaatnya?

Indah Permatasari Ajak Anak Main Flashcard, Apa Sih Manfaatnya?

Infocakrawala.com – Baru-baru ini pola asuh Indah Permatasari menjadi sorotan publik. Hal itu lantaran ia mengunggah momen di dalam mana sedang bermain dengan sang anak.

Dalam video yang mana dibagikan di dalam akun Instagramnya, Indah juga putranya yang dimaksud berusia 16 bulan itu terlihat asyik menebak berbagai jenis hewan pada kartu yang dimaksud dipegang oleh sang ibu.

Indah menunjukkan satu per satu kartunya, lalu sang anak menebak dengan pengumuman lantang. Meski wajah putranya tertutupi oleh ciri stiker, netizen juga bisa jadi bergabung merasakan semangat dari anak tersebut.

Pertama kali nyobain adik bayi tebak gambar gini, biasanya semata-mata ngasih tahu makanya Ibuknya yang tersebut lebih tinggi heboh daripada anaknya,” tulis Indah pada caption-nya, Rabu (24/1/2024).

Lantas apa sih faedah dari flashcard untuk anak? Berikut ulasannya

Manfaat Flashcard Bagi Tumbuh Kembang Anak

Merujuk pada FirstCry Parenting, flashcard pada dasarnya adalah kartu kecil yang dimaksud berisi gambar pada satu sisi, juga sisi lainnya adalah kata atau angka. Flashcard bisa jadi menjadi permainan untuk menstimulasi pembelajaran, khususnya pada usia balita.

Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengembangkan perkembangan kognitif oleh sebab itu anak akan belajar mengingat informasi dari gambar.

2. Membantu perkembangan keterampilan bahasa serta komunikasi, lantaran flashcard dapat menjadi media untuk mengenalkan kata-kata baru.

3. Menguatkan daya ingat serta mengembangkan memori fotografi, lantaran gambar-gambar pada flashcard dapat memicu rangsangan visual di tempat otak anak. Serta, meningkatkan kemampuan anak di menghafal informasi yang digunakan diterimanya lewat proses berulang-ulang.

4. Bermain flashcard juga dapat meningkatkan konsentrasi anak. Sebab, pada waktu bermain, anak harus fokus pada informasi yang ditampilkan dalam kartunya.

5. Menguatkan stimulasi visual yang dapat meningkatkan kemampuan di anak mengingat informasi yang mana diterima secara visual.

6. Melatih kepercayaan diri anak ketika berhasil menyebutkan gambar serta kata di flashcard.

(Sumber: Suara.com)