Bisnis  

Tom Lembong Habis! Dirujak Para Menteri Jokowi Karena Klaim Beri Contekan

Tom Lembong Habis! Dirujak Para Menteri Jokowi Karena Klaim Beri Contekan

Infocakrawala.com – Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong menjadi buah bibi akhir-akhir ini dikarenakan mengklaim telah dilakukan memberikan contekan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) kala dirinya menjabat Menteri Perdagangan juga kepala BKPM kala itu.

Beri contekan ke Jokowi merupakan tanggapan Tom Lembong melawan pernyataan Cawapres Gibran Rakabuming Raka kalau Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sangat mengandalkan catatan dari dirinya pada waktu menjawab pertanyaan pada Debat Cawapres2024.

Tom Lembong sendiri adalah Co-Captain Timnas AMIN alias Anies Baswedan lalu Muhaimin Iskandar Calon Presiden juga Wakil Presiden Nomor Urut 1.

Usai memberikan tanggapan tersebut, Tom Lembong sekarang ini habis dirujak para Menteri Jokowi.

Potret Luhut Binsar Pandjaitan. (Instagram/ luhut.pandjaitan)
Potret Luhut Binsar Pandjaitan. (Instagram/ luhut.pandjaitan)

Yang paling baru adalah datang dari Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman juga Pengembangan Usaha (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Luhut mengkritisi kinerja Tom Lembong ketika dirinya menjabat Menteri Perdagangan dan juga Kepala BKPM era Jokowi.

“Anda harus refleksi juga apa sih yang tersebut Anda lakukan sebagai Menteri Perdagangan, coba tanya dirimu,” kata Luhut pada video yang mana diunggah pada akun Instagram pribadinya diambil pada Kamis (25/1/2024).

Luhut mengungkapkan bahwa kinerja Tom Lembong tak beres sebab mewarisi pekerjaan rumah yang mana belum beres, salah satunya mengenai online single submissions (OSS).

“Waktu Anda (Kepala) BKPM, apa yang tersebut anda lakukan? Anda kan ditugasi untuk online single submissions (OSS). Saya ingat betul itu bagaimana Anda curhat ke saya, tapi itulah, sampai Anda meninggalkan kabinet tidak ada pernah selesai OSS,” kata Luhut.

Untuk itu Luhut pun memohon agar Tom Lembong jangan ge’er akibat telah terjadi memberikan contekan untuk Presiden Jokowi selama menjadi pembantu Presiden.

“Anda jangan ge’er juga bilang kasih note untuk ayahnya Mas Gibran (Jokowi), memang benar hanya saja Tom Lembong saja? Yang paling berbagai kasih note terhadap Pak Presiden (Jokowi) adalah Bu Menteri Luar Negeri Retno,” kata Luhut.

Menurut Luhut, tugas orang pembantu presiden memang sebenarnya seperti itu dimana setiap saat memberikan catatan untuk kepala negara kala melakukan kunjungan bilateral.

“Apakah sebab Anda hebat melakukan itu? Tidak. Itu tugas Anda sebagai pembantu presiden, sebagai Menteri Perdagangan waktu itu lalu sebagai Kepala BKPM,” ucap dia.

Menteri Penyertaan Modal Bahlil Lahadalia dengan Prabowo-Gibran [Instagram @bahlillahadalia]
Menteri Pengembangan Usaha Bahlil Lahadalia dengan Prabowo-Gibran [Instagram @bahlillahadalia]

Sementara Bahlil mengaku pasang badan buat Gibran perihal pernyataan tentang Tesla masih menggunakan nikel.

“Saya ingin katakan tidaklah benar kalau ada mantan pejabat atau pemikir sektor ekonomi atau siapa pun yang mengungkapkan bahwa nikel nggak lagi menajdi unsur yang digunakan dikejar-kejar oleh penanam modal untuk memproduksi penyimpan daya mobil,” kata Bahlil dalam Kementerian Investasi, DKI Jakarta pada Rabu (24/1/2024).

Bahlil pun secara tegas menyatakan bahwa masyarakat seharusnya membantu penyelenggaraan nikel yang digunakan menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia pada waktu ini, bukanlah justru memasarkan item seperti Lithium Ferro Phosphate atau LFP yang dimaksud merupakan yang dimiliki asing.

Mantan Ketua HIPMI pun secara lantang mengingatkan jangan sampai isu ini justru dimanfaatkan asing.

“Yang ada di area kita itu mangan coal dan juga nikel. Sekarang kita ingin fokus mengembangkan SDA kita atau mempromosikan ke negara lain atau ada apa ini. Jangan sampai ada antek asing di tempat bangsa ini ada antek antek asing merusak tantanan pada mempengaruhi kebijakan publik,” pungkas Bahlil.

(Sumber: Suara.com)