Dua Rekor Pecah pada SAC Indonesia 2023, Kontingen Jawa Tengah Mendominasi

Dua Rekor Pecah pada SAC Indonesia 2023, Kontingen Jawa Tengah Mendominasi

Infocakrawala.com – Persaingan ketat mewarnai putaran puncak kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship yang mana berlangsung pada Stadion Sriwedari, Solo pada 18-20 Januari 2024.

Dalam event tersebut, tercatat dua rekor pecah sekaligus, masing-masing dari persaingan relays (lari estafet 4×100 meter) putra serta lompat berjauhan putri.

Kontingen dari Jawa Tengah (Central Java Qualifiers) tampil mendominasi. Tim putra SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang menciptakan sensasi pada penyisihan relays 4x100m putra, dengan catatan waktu tercepat 44,67 detik.

Tak hanya saja menegaskan lolos ke final yang digunakan berlangsung pada Hari Sabtu (20/1/2024), pasukan yang digunakan diperkuat Fahmi Candra, Raka Adi Prayoga, Catur Ridho hingga Denis Teguh ini juga sukses memecahkan rekor nasional (Energen Champion SAC Indonesia) milik merek sendiri.

Mereka mencatatkan waktu lebih tinggi baik 0,02 detik dari rekor sebelumnya (44,69 detik) yang dimaksud dia catatkan pada waktu berlangsungnya Central Java Qualifiers pada Semarang pada 24-26 November 2023 lalu.

Sementara itu, di dalam sikap kedua ada skuad SMAN 4 Malang yang sukses mencatatkan perolehan waktu 45,52 detik. Sedangkan SMAN 1 Bandar Lampung berada di tempat tempat ketiga dengan mencatatkan perolehan 45,60 detik

Pemecahan rekor Energen Champion SAC Indonesia juga dicatatkan oleh duta Central Java Qualifiers lainnya. Deiya Kurniya, siswi dengan syarat SPMA H Moenadi Ungaran pergi dari sebagai jawara pada nomor lomba lompat sangat sektor putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship yang dimaksud dijalankan pada Hari Sabtu lalu.

Rekor tercipta setelahnya beliau membukukan lompatan sejauh 5.02 meter! Lompatan yang disebutkan sekaligus membuatnya menjadi pemegang rekor baru lompat jarak jauh Energen Champion SAC Indonesia.

Deiya Kurniya mematahkan rekor sebelumnya dengan catatan 4,95 meter yang digunakan dicatatkan siswi SMAN 2 Madiun, Aufar Fadilah Dwi Caksono, ketika tampil pada East Java Qualifiers pada Desember 2023 lalu.

Kementerian Pemuda juga Olahraga (Kemenpora) memuji konsep juga pelaksanaan Energen Champion SAC Indonesia, hasil kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) lalu DBL Indonesia, yang telah lama menginjak musim kedua ini.

Menurut Kemenpora, semangat SAC Indonesia ini sejalan dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON 2021-2045.

Hal yang disebutkan disampaikan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga, Komjen Pol (Purn) Rudi Sufahriadi pada waktu hadir dengan segera di tempat Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship pada hari terakhir pekan (19/1/2024).

Menurut Rudi, pemerintah melalui DBON ingin pembinaan juga pengembangan keolahragaan nasional dilaksanakan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, lalu berkelanjutan.

”Salah satu sasaran untuk mewujudkan misi itu, pemerintah ingin mewujudkan partisipasi siswa kemudian peserta didik agar terlibat berolahraga. Ukuran berpartisipasi itu dari persentase lembaga pendidikan jasmani olahraga juga kemampuan fisik sebanyak tiga kali seminggu dengan durasi waktu minimal 60 menit per pertemuan,” ujar Rudi Sufahriadi.

Secara khusus, Rudi mengapresiasi kolaborasi PB PASI lalu DBL Indonesia, dan juga para sponsor yang memberikan dukungan untuk kompetisi atletik pelajar terbesar di dalam Indonesia ini.

“Kami tahu komitmen serta konsisten Mas Azrul (Azrul Ananda) serta DBL-nya. Kami jadi yakin SAC Indonesia ini ke depannya juga bisa jadi punya impact untuk pelajar pada Indonesia agar merek sanggup menjadi champion-champion baru,” jelasnya.

(Sumber: Suara.com)