Profil Danacita, Sumber Pinjol Mahasiswa ITB Bayar Cicilan UKT

Profil Danacita, Sumber Pinjol Mahasiswa ITB Bayar Cicilan UKT

Infocakrawala.com – Netizen bocorkan brand pinjaman online (pinjol) untuk siswa cicil uang kuliah tunggal (UKT) dengan bunga tinggi yang digunakan ditawarkan Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu Danacita. Penasaran bukan sih perusahaan apa itu? Simak yuk ulasannya.

Profil Danacita sibuk dikulik rakyat oleh sebab itu jadi mitra swasta ITB yang dimaksud memberikan pinjaman UKT dengan cara dicicil, termasuk dengan bunga pinjol yang tersebut terbilang besar.

“ITB bekerjasama dengan satu pinjol untuk urusan BPP (biaya pengurus pendidikan) ini,” tulis @BambangSetyadji di area Twitter diambil suara.com, Hari Jumat (26/1/2024).

Netizen yang disebutkan juga melampirkan situs resmi ITB terkait dengan status keuangan mahasiswanya terkait biaya kuliah. Di bagian bawah pembayaran yang disebutkan tertoreh adanya layanan cicilan sampai dengan 18 bulan dengan Danacita.

Profil pinjol Danacita

Menurut situs resminya disebutkan, Danacita merupakan lembaga pinjol komersial di dalam bawah perusahaan ErudiFI yang berbasis di dalam Singapura, juga merupakan perusahaan teknologi yang mana menyediakan pendanaan institusi belajar untuk pelajar juga tenaga kerja profesional.

Danacita dipimpin Alfonsus Dwianto Wibodo sebagai Direktur Utama, ada juga pemegang saham sekaligus Direktur Danacita Harry Noviandry, Komisaris Utama Naga Tan, Komisaris Susli Lie, Isabella Yonathan.

Total pengguna Danacita

Disebutkan sudah ada ada tambahan dari 27 ribu pengguna Danacita, kemudian 14 ribu termasuk di pengguna aktif. Selama beroperasi Danacita sudah ada mengeluarkan pendanaan tambahan dari Rupiah 375 miliar, di area mana per tahunnya pendanaan mencapai Mata Uang Rupiah 8,7 miliar.

Danacita beralamat di tempat Noble House: No. 2, Jalan Dr.Ide Anak Agung Gde Agung Kav. E 4.2, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Pusat Kota Ibukota Selatan, Daerah Khusus Ibukota DKI Jakarta 12950.

Universitas negeri juga swasta jadi mitra

Bukan hanya sekali ITB yang bermitra dengan Danacita untuk pembayaran cicilan UKT, berbagai lembaga khusus juga perguruan tinggi negeri maupun swasta terlibat kerjasama.

Beberapa universitas yang disebutkan yakni BSI, Unisba, UNM, IT PLN, UNTAR, UPJ, UNISIA, Paramadina, Fakultas HUkum Universitas Hasanuddin, Fakultas Bidang kedokteran Gigi Universitas Padjajaran juga masih banyak lagi.

Kronologi menyebar ITB bayar UKT pakai pinjol

Heboh ITB tawarkan peserta didik cicilan UKT pakai pinjol, bagi merek yang memiliki kendala biaya. Kisruh ini dimulai dari akun twitter @ITBfess sibuk keluhan siswa tidaklah mampu Formulir Rencana Studi (FRS) pada Sistem Berita Akademik (SIX).

Adapun ketentuan dapat mengisi FRS semester II 2023/2024, yaitu dengan membayar UKT yang mana bagi sebagian peserta didik dianggap memberatkan.

Bila bukan juga melunasi UKT atau Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) semester I 2023/2024, maka peserta didik harus menjalani cuti kuliah selama satu semester baru sanggup melanjutkan pendidikan.

Mirisnya, alih-alih memberikan keringanan biaya UKT dengan kuota terbatas, siswa diberi pilihan membayar lembaga bank khusus institusi belajar di hal ini Danacita.

Namun sebagian pelajar yang dimaksud mencoba untuk mengajukan pinjaman dikagetkan dengan simulasi pinjol dibebankan bunga cukup fantastis.

Seperti dalam beberapa postingan memperlihatkan nominal pengajuan biaya lembaga pendidikan sebesar Rupiah 10 juta, pelajar harus membayar pinjaman total dengan bunga Rupiah 12,5 juga dengan waktu 12 bulan.

Nominal pengajuan biaya lembaga pendidikan yang dimaksud dapat dicicil per bulan dengan biaya Mata Uang Rupiah 1.291.667. Terdiri dari rincian durasi pembayaran 12 bulan, biaya bulanan jaringan 1.75 persen dan juga biaya persetujuan 3 persen.

Hal inilah yang digunakan dianggap banyak orang tidaklah etis lantaran selain memaksa siswa terkendala biaya untuk cuti, sehingga lembaga pendidikan tertunda. Tapi pada sisi lain, menghasilkan pelajar terbebani dengan cicilan pinjol dengan bunga yang cukup besar setiap bulannya.

(Sumber; Suara.com)