Pendakian Gunung Lawu Ditutup Akibat Cuaca Buruk, Perhutani Ungkap Kapan Buka

Pendakian Gunung Lawu Ditutup Akibat Cuaca Buruk, Perhutani Ungkap Kapan Buka

Infocakrawala.com – Jalur pendakian Gunung Lawu melalui Karanganyar, Jawa Tengah ditutup, hari terakhir pekan (26/1/2024) oleh sebab itu memasuki musim hujan dan juga adanya risiko longsor akibat kebakaran yang mana terjadi beberapa waktu lalu. 

Administratur Perhutani KPH Surakarta, Herry Merkussiyanto Putro, menyatakan bahwa hingga ketika ini jalur yang disebutkan masih ditutup, juga belum ada pengecekan untuk memverifikasi apakah sudah ada aman untuk dibuka atau belum.

“Kaitannya dengan musim hujan, kalau musim hujan semata mungkin saja masih mampu diantisipasi dengan mengakses tutup, tapi dikarenakan ada material kebakaran di dalam melawan kami khawatir sewaktu-waktu bisa jadi luruh,” kata dia, melalui keterangan resminya pada hari ini.

Ia menambahkan, penutupan jalur pendakian yang disebutkan tidaklah hanya sekali diadakan melalui Karanganyar tetapi juga dari akses Jawa Timur.

“Di Jawa Timur juga sudah ada ditutup sejak tanggal 16 Januari. Kalau kami penutupan mulai tanggal 8 Januari,” katanya.

Meski demikian, pihaknya belum dapat menegaskan penutupan akan dijalankan hingga kapan.

“Perlu pengecekan lagi, akan dibuka kembali pasca ada pengecekan bersama, jalur ini aman atau tidak,” kata dia, diambil dari Antara.

Menurut dia, untuk lahan Gunung Lawu yang tersebut terbakar di tempat kawasan Karanganyar seluas 185 hektar, sedangkan untuk kawasan Jawa Timur luas lahan yang terbakar mencapai 2.000 hektar.

Sementara itu, selama penutupan otomatis tak ada perawatan yang diadakan oleh instansi terkait.

“Perawatan selama ditutup nggak ada. Selama dilewati otomatis akan terawat. Kalau dioperasionalkan rutin otomatis akan terpelihara,” katanya.

(Sumber; Suara.com)