Adu Pendidikan Hotman Paris vs Mahfud MD, Menkopolhukam Kena Lemparan Sindiran Pengacara Nyentrik

Adu Pendidikan Hotman Paris vs Mahfud MD, Menkopolhukam Kena Lemparan Sindiran Pengacara Nyentrik

Infocakrawala.com – Tak dapat dipungkiri bahwa Mahfud MD dan juga Hotman Paris sama-sama menjadi tokoh besar di dalam dunia penegakan hukum di tempat Tanah Air.

Kendati demikian, Pilpres 2024 menghasilkan keduanya saat ini berseberangan pada menentukan sikap politik.

Bahkan, Hotman Paris sekarang diduga melayangkan sindiran pedas terhadap sosok Menteri Koordinator Lingkup Politik, Hukum, lalu Keselamatan (Menko Polhukam) sekaligus cawapres dari Ganjar Pranowo itu.

Hotman menyayangkan ada sosok yang tersebut kerap menyerang etika dari sosok cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka pada debat keempat pilpres 2024 pada Mingguan (21/1/2024) lalu.

Padahal, sosok yang dimaksud juga dinilai tak beretika. Sebab, sosok yang dimaksud kerap menentang Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebelum ia mendapatkan jabatan mentereng.

Sosok yang disebutkan sekarang ini menjadi ‘lunak’ kemudian bersahabat dengan Jokowi seusai mendapat kursi sebagai menteri. Diduga, sosok yang dimaksud adalah Mahfud MD.

“Ada Menteri yang tersebut masih duduk pada kabinetnya Presiden, akan tetapi sudah memilih jalur haluan Politik yang berbeda bahkan menyerang kesuksesan dari kabinet Jokowi tapi ia masih duduk sampai hari ini sebegai Menteri,” kata Hotman pada videonya.

Lantas, seperti apa institusi belajar Hotman Paris yang mana berani menyindir Mahfud MD yang mana bergelar professor tersebut? Berikut adu institusi belajar Hotman Paris vs Mahfud MD.

Pendidikan Hotman Paris: Lulusan Negeri Kangguru

Meski tidak orang guru besar seperti Mahfud, Hotman Paris mempunyai institusi belajar yang tak kaleng-kaleng.

Sebab, ia merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri.

Hotman Paris memulai perjalanan lembaga pendidikan tingginya pada Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung

Tak puas dengan penghargaan sarjana, Hotman terbang ke Australia dan juga mengambil kegiatan Bidang Studi Hukum University of Technology, Sydney.

Ia kembali ke Tanah Air dan juga kuliah Pengetahuan Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Terakhir, ia mengakhiri perjalanan pendidikannya dengan mengambil inisiatif doktor pada Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung.

Pendidikan Mahfud MD: Guru besar hukum

Hotman Paris terbilang nekat mengomentari sosok Mahfud MD yang digunakan bergelar guru besar hukum.

Ternyata, Mahfud juga merupakan manusia santri yang digunakan belajar di area Pondok Pesantren al Mardhiyyah. Ia juga mengambil studi tingkat SMA di tempat Sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) Negeri lalu Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN).

Usai tamat SMA, Mahfud kuliah di tempat S1 di area Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Pria hernama asli Mohammad Mahfud Mahmodin ini juga mengejar double degree di Jurusan Sastra Arab di area Universitas Gadjah Mada namun tak selesai.

Ia melanjutkan lembaga pendidikan mengambil jurusan Bidang Studi Politik, Universitas Gajah Mada.

Politisi berdarah Madura ini menuntaskan pendidikannya dalam Rencana Doktoral S3, Keilmuan Hukum Tata Negara, Universitas Gajah Mada.

Sebagai informasi, Mahfud juga mengabdi sebagai dosen serta Guru Besar di area Universitas Islam Indonesia.

Kontributor : Armand Ilham

(Sumber: Suara.com)