Dua Rekor Pecah dalam SAC Indonesia 2023, Kontingen Jawa Tengah Mendominasi

Dua Rekor Pecah di SAC Indonesia 2023, Kontingen Jawa Tengah Mendominasi

Infocakrawala.com – Persaingan ketat mewarnai fase puncak kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship yang mana berlangsung di tempat Stadion Sriwedari, Solo pada 18-20 Januari 2024.

Dalam kompetisi tersebut, tercatat dua rekor pecah sekaligus, masing-masing dari persaingan relays (lari estafet 4×100 meter) putra lalu lompat terpencil putri.

Kontingen dari Jawa Tengah (Central Java Qualifiers) tampil mendominasi. Tim putra SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang memproduksi sensasi pada penyisihan relays 4x100m putra, dengan catatan waktu tercepat 44,67 detik.

Tak hanya saja meyakinkan lolos ke final yang berlangsung pada Hari Sabtu (20/1/2024), kelompok yang digunakan diperkuat Fahmi Candra, Raka Adi Prayoga, Catur Ridho hingga Denis Teguh ini juga sukses memecahkan rekor nasional (Energen Champion SAC Indonesia) milik mereka itu sendiri.

Mereka mencatatkan waktu lebih besar baik 0,02 detik dari rekor sebelumnya (44,69 detik) yang digunakan mereka itu catatkan ketika berlangsungnya Central Java Qualifiers di tempat Semarang pada 24-26 November 2023 lalu.

Sementara itu, pada sikap kedua ada skuad SMAN 4 Malang yang tersebut sukses mencatatkan perolehan waktu 45,52 detik. Sedangkan SMAN 1 Bandar Lampung berada di dalam tempat ketiga dengan mencatatkan perolehan 45,60 detik

Pemecahan rekor Energen Champion SAC Indonesia juga dicatatkan oleh duta Central Java Qualifiers lainnya. Deiya Kurniya, siswi selama SPMA H Moenadi Ungaran pergi dari sebagai jawara pada nomor lomba lompat berjauhan sektor putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship yang tersebut dilakukan pada Hari Sabtu lalu.

Rekor tercipta pasca ia membukukan lompatan sejauh 5.02 meter! Lompatan yang dimaksud sekaligus membuatnya menjadi pemegang rekor baru lompat terpencil Energen Champion SAC Indonesia.

Deiya Kurniya mematahkan rekor sebelumnya dengan catatan 4,95 meter yang tersebut dicatatkan siswi SMAN 2 Madiun, Aufar Fadilah Dwi Caksono, ketika tampil pada East Java Qualifiers pada Desember 2023 lalu.

Kementerian Pemuda juga Olahraga (Kemenpora) memuji konsep dan juga pelaksanaan Energen Champion SAC Indonesia, hasil kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan juga DBL Indonesia, yang telah terjadi menginjak musim kedua ini.

Menurut Kemenpora, semangat SAC Indonesia ini sejalan dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON 2021-2045.

Hal yang disebutkan disampaikan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga, Komjen Pol (Purn) Rudi Sufahriadi pada waktu hadir secara langsung di tempat Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship pada hari terakhir pekan (19/1/2024).

Menurut Rudi, pemerintah melalui DBON ingin pembinaan dan juga pengembangan keolahragaan nasional dilaksanakan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, lalu berkelanjutan.

”Salah satu sasaran untuk mewujudkan misi itu, pemerintah ingin mewujudkan partisipasi siswa kemudian siswa agar bergerak berolahraga. Ukuran terlibat itu dari persentase institusi belajar jasmani olahraga serta kondisi tubuh sebanyak tiga kali seminggu dengan durasi waktu minimal 60 menit per pertemuan,” ujar Rudi Sufahriadi.

Secara khusus, Rudi mengapresiasi kolaborasi PB PASI dan juga DBL Indonesia, juga para sponsor yang digunakan memberikan dukungan untuk kompetisi atletik pelajar terbesar dalam Indonesia ini.

“Kami tahu komitmen lalu konsisten Mas Azrul (Azrul Ananda) dan juga DBL-nya. Kami jadi yakin SAC Indonesia ini ke depannya juga bisa saja punya impact untuk pelajar pada Indonesia agar mereka mampu menjadi champion-champion baru,” jelasnya.

(Sumber: Suara.com)