Jangan Ngasal, Begini Cara Tepat Matikan Mobil Matik

Jangan Ngasal, Begini Cara Tepat Matikan Mobil Matik

Infocakrawala.com – Mobil matik pada waktu ini menjadi salah satu pilihan populer di area kalangan masyarakat. Kepraktisan lalu kemudahan menjadi salah satu sebabnya.

Beberapa produsen mobil juga telah menawarkan transimi matik dnegan berbagai varian yang tersebut tambahan banyak. Jadi, penduduk tinggal memilih sesuai dengan keinginan masing-masing.

Meski mudah juga praktis, tetapi beberapa pemobil yang mana mempunyai mobil matik masih belum paham untuk mematikan kendaraannya dengan benar.

Ilustrasi tuas transmisi mobil matic. (Pexels/Garvin St. Villier)
Ilustrasi tuas transmisi mobil matic. (Pexels/Garvin St. Villier)

Mematikan mobil matik tiada seperti mobil manual pada umumnya. Tentu ada teknik yang dimaksud harus dipelajari buat para pemobil khususnya bagi pemula.

Berikut tips yang digunakan tepat mematikan mobil matik dilansir dari Auto 2000.

  1. Pastikan mobil berada pada keadaan berhenti sepenuhnya (di sikap “P” atau “Park”). Hal ini adalah tempat yang digunakan aman untuk mematikan mesin pada mobil matik.
  2. Pastikan rem parkir telah ditarik dengan benar sebelum Anda mematikan mesin. Ini adalah akan menjaga dari mobil dari bergeser pasca mesin dimatikan.
  3. Hindari mematikan mesin dana kondisi transmisi pada sikap D (Drive) atau M (Neutral). Jika Anda terpaksa mematikan mesin ketika transmisi masih di tempat Drive (D), pastikan untuk menekan pedal rem terlebih dahulu. Tempat Neutral (N) tiada akan mengunci roda mobil, sehingga mobil dapat bergerak ketika mesin dimatikan.
  4. Jika mobil dilengkapi Auto Hold, aktifkan sebelum mematikan mesin. 
  5. Pastikan semua peralatan elektronik dimatikan. Matikan AC, radio, lampu, serta perangkat elektronik lainnya untuk menghemat daya sel juga menjaga sistem listrik mobil.

(Sumber: Suara.com)