Toyota Fortuner Produksian Indonesia Tersandung Skandal Manipulasi Hasil Uji Sertifikasi

Toyota Fortuner Produksian Indonesia Tersandung Skandal Manipulasi Hasil Uji Sertifikasi

Infocakrawala.com – Toyota Industries Corporation (TICO) yang dimaksud bertugas mengembangkan mesin diesel Toyota melaporkan untuk Toyota Motor Corporation (TMC), bahwa mereka itu menerima laporan dari komite investigasi khusus yang mana menemukan kejanggalan pada hasil uji sertifikasi.

Penyelidikan menemukan bahwa kejanggalan terjadi selama proses pengujian horse power beberapa orang model produksi Toyota yang tersebut menggunakan mesin diesel.

Selama pengujian sertifikasi, kinerja output dari horse power mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang mana berbeda dari yang tersebut digunakan untuk produksi massal.

Dengan demikian hasil yang tersebut dikeluarkan lebih tinggi baik dari yang seharusnya. Tercatat ada sepuluhan model kendaraan menggunakan mesin yang digunakan terkena dampak secara global, termasuk enam di tempat Jepang.

Kesepuluh model yang dimaksud adalah Land Cruiser Prado, Hiace, Hilux, juga Fortuner yang menggunakan kode mesin 1GD. Selain itu ada juga model Hilux dan juga Innova yang digunakan menggunakan kode mesin 2GD.

Sedangkan dua model lainnya adalah Land Cruiser 300 lalu Lexus LX500 yang digunakan menggunakan kode mesin F33A.

Berdasarkan data yang mana dipaparkan Toyota Global, salah satu model yang tersebut dicurigai melakukan kecurangan hasil uji sertifikasi diproduksi di tempat pabrik Toyota Indonesia, yakni Toyota Fortuner.

Namun model juga populer di dalam Indonesia, Toyota Innova merupakan hasil produksi Toyota Thailand.

(Sumber: Suara.com)