Ramai Kasus persoalan UKT di area ITB, Presiden lalu 4 Tokoh Hal ini Pernah Jadi Mahasiswanya

Ramai Kasus persoalan UKT pada area ITB, Presiden lalu 4 Tokoh Hal ini Pernah Jadi Mahasiswanya

Infocakrawala.com – Jika bukan dapat melunasi Uang Kuliah Tunggal (UKT), maka tidaklah dapat melakukan pengisian rencana studi. Itulah yang tersebut dialami oleh lebih banyak dari 120 pelajar Institute Teknologi Bandung (ITB).

Pihak kampus diduga memberikan penawaran terhadap pelajar yang dimaksud masih memiliki tunggakan untuk membayarnya dengan cara pinjol alias pinjaman online.

Ramai kabar di dalam media X bahwa ITB telah lama bekerjasama dengan aplikasi mobile pinjol Danacita untuk menjerat para mahasiswanya pada lingkaran hutang.

Meski tujuannya agar mereka dapat melunasi UKT, namun dengan bunga yang dimaksud ditetapkan cukup besar, maka kemungkinan besar para siswa akan terjebak pinjol.

Buntut dari ramainya kabar tersebut, Koordinator Nasional Jaringan Observer Pendidikan Indonesia (JPPR) Ubaid Matraji akhirnya turut memberikan komentar.

“Orang yang jelas-jelas tiada mampu itu punya hak dibantu, tapi ini tidak. Dibikin celah pinjol supaya mereka itu secara sistemik terbelit utang kemudian tak bisa jadi bayar, apalagi ada intimidasi. Itu seni pemerasan,” ujar Ubaid beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Kepala Biro Komunikasi serta Hubungan Masyaraat ITB, Naomi Haswanto, tidak ada terima dengan apa yang mana dituduhkan oleh Ubaid Matraji.

“Apakah Pak Ubaid sudah ada membaca atau membuka platform digital Danacita? Disana ada PTN serta PTS lain yang dimaksud bekerja mirip dengan lembaga tersebut,” ucap Naomi.

Ia menambahkan jikalau sistem pembayaran UKT dengan bantuan Danacita justru dapat membantu meringankan beban pelajar oleh sebab itu bisa saja membayar UKT sesuai kemampuan.

Ramainya pro serta kontra berhadapan dengan sistem pembayaran UTK dengan bantuan pinjol, berbagai warganet akhirnya menyoroti beberapa tokoh lalu pejabat yang dimaksud merupakan lulusan ITB.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Soekarno

Tokoh atau pejabat yang dimaksud merupakan lulusan ITB pertama adalah Soekarno, yang digunakan merupakan Presiden pertama Indonesia.

Soekarno diketahui menempuh sekolah dalam Technische Hoogeschool te Bandung atau yang digunakan sekarang dikenal dengan Institute Teknologi Bandung (ITB).

Pria yang digunakan dijuluki sebagai Bapak Proklamator yang dimaksud menhambil jurusan teknik sipil pada tahun 1921, juga dinyatakan lulus pada 1926.

2. B.J. Habibie

Selain Soekarno, Presiden Indonesia lainnya yang merupakan lulusan ITB adalah B.J. Habibie. Seperti yang mana kita tahu bahwa Pak Habibie merupakan Presiden ketiga Indonesia yang dimaksud miliki pengetahuan sangat tinggi.

Sebelum akhirnya berkuliah pada Jerman, rupanya ia tambahan dulu mengambil jurusan usaha sains kemudian matematika pada ITB pada tahun 1954.

Namun, hanya saja menghabiskan waktu satu tahun sebelum akhirnya ia melanjutkan studi teknik penerbangan di area RWTH Aachen, Jerman.

3. Pramono Anung

Pramono Anung merupakan Sekretaris Kabinet periode 2019-2024 yang dipercaya oleh Presiden Jokowi. Pria yang mana lahir di tempat Kediri, 11 Juni 1963 ini ternyata menrupaka alumni Institute Bandung (ITB).

Diketahui, Pramono Agung menempuh lembaga pendidikan S1 lalu mengambil jurusan Teknik Pertambangan pada ITB pda tahun 1982.

4. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil merupakan mantan Gubernur Jawa Barat yang tersebut mempunyai popularitas cukup tinggi di dalam kalangan masyarakat. 

Pria yang digunakan akrab disapa dengan Kang Emil ini ternyata merupakan salah satu alumni ITB. Dia menempuh institusi belajar S1 dengan memilih kegiatan studi Arsitektur pada tahun 1995.

5. Hatta Rajasa

Tokoh serta pejabat terakhir yang dimaksud merupakan lulusan ITB adalah Hatta Rajasa. Mantan Menteri Koordinator Lingkup Perekonomian Indonesia periode 2009 hingga 2014 ini menempuh institusi belajar S1 dengan jurusan Teknik Perminyakan pada tahun 1973.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

(Sumber: Suara.com)