Bisnis  

Berapa Gaji Komisaris Utama Pertamina? Ahok Mundur dari Komut Tinggalkan Penghasilan Fantastik

Berapa Gaji Komisaris Utama Pertamina? Ahok Mundur dari Komut Tinggalkan Penghasilan Fantastik

Infocakrawala.com – Berapa pendapatan Komisaris Utama Pertamina? Pasalnya, Basuki Tjahaja Purnama menciptakan pengumuman di tempat akun X (twitter) bahwasanya ia mengundurkan diri sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero).

Surat pengunduran diri diserahkan pada Jum’at, 2 Februari 2024. Hal ini mengundang rasa penasaran terkait dengan berapa penghasilan Komisaris Utama Pertamina.

Sosok yang mana sudah ada akrab disapa Ahok ini menyatakan mengundurkan diri dengan tujuan agar tak ada lagi kebingungan terkait arah kebijakan pemerintah Ahok ke depannya. Ia akan mengambil bagian dan juga di mengkampanyekan pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo juga Mahfud MD. 

Hal itu menuai komentar beragam dari netizen, tetapi umumnya mereka mendukung. 

“Ini namanya berintegritas. Contoh yang tersebut baik dari individu Ahok dengan mundur dari Komisaris Utama Pertamina. Ahok akan mengambil bagian berjuang pada mengungguli Ganjar Mahfud,” kata pribadi netizen. 

Kemudian ada juga yang dimaksud berkata, “Pak, saya kagum dengan komitmen Anda terhadap konstitusi serta peraturan. Anda punya rekam jejak itu lalu hari ini menunjukkannya kembali. Selamat berjuang di pesta demokrasi.”

Gaji Komisaris Utama Pertamina

Pengunduran diri Komisaris Utama Pertamina menarik perhatian netizen. Ia meninggalkan pendapatan dengan jumlah agregat yang tersebut fantastis!

Pernah beredar kabar bahwa penghasilan Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina mencapai Rp8 miliar. Namun kabar yang disebutkan segera ditepis lalu disebut hoaks.

Dengan bercanda Ahok berharap ia mendapatkan penghasilan sebesar itu, lantaran itu berarti Pertamina juga sudah ada mencapai keuntungan lebih tinggi dari Rp10 miliar dolar. 

Agar bukan terjadi perdebatan di tempat masyarakat, Ahok membeberkan bahwa gajinya sebulan belaka Rp170 jt per bulan dan juga jikalau ada bonus kinerja, ia akan mendapatkan tambahan pendapatan sebesar 1 persen dari keuntungan Pertamina dibagi untuk seluruh direksi komisaris kemudian seluruh manajemen SVP VP Manager, juga lain sebagainya. 

Di tahun 2020 lalu, Ahok juga menyampaikan bahwa gajinya Rp170 juta, 45 persen dari direktur utama. Hal itu disampaikannya dalam talkshow live IG TV Mata Najwa yang disiarkan pada Minggu, 16 Agustus 2020. 

Itu artinya, belum ada pembaharuan penghasilan untuk Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Bila pun ada kenaikan penghasilan yang digunakan diterima Ahok, kemungkinan itu berasal dari bonus kinerja yang mana sanggup berubah setiap tahunnya lantaran sesuai peraturan, bonus itu didapatkan dari total keuntungan yang dimaksud diperoleh Pertamina.

Besaran pendapatan yang dimaksud diterima Ahok juga dapat diperiksa melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

Demikian itu informasi upah Komisaris Utama Pertamina. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

(Sumber: Suara.com)