4 Tahun Absen, GIICOMVEC 2024 Jadi Solusi Bisnis Satu Atap

4 Tahun Absen, GIICOMVEC 2024 Jadi Solusi Bisnis Satu Atap

Infocakrawala.com – GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo atau GIICOMVEC 2024 akan segera pentas di area DKI Jakarta Convention Centre (JCC) pada 7-10 Maret 2024. Bila disebut sebagai pameran otomotif, ya benar. Akan tetapi, formatnya bukanlah menyuguhkan passenger car seperti GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), melainkan kendaraan komersial.

“Konsepnya adalah business to business atau B2B. Jadi kami bukanlah menyelenggarakan untuk pengunjung, akan tetapi mengundang potential buyers. Mulai sasis, karoseri, sampai perusahaan pembuat aksesoris ada. Inilah pameran one stop business solution,” papar Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO, di press conference GIICOMVEC 2024 pada JW Luwansa Hotel, Kuningan, DKI Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024).

Dengan model pameran one stop business solution atau solusi bidang usaha satu atap inilah, GIICOMVEC akan menjadi solusi lengkap bagi semua permintaan kendaraan komersial. Mengingat keperluan para pelaku usaha berbeda-beda sehingga memerlukan kustomisasi untuk menyesuaikan ranah lapangan usaha yang digunakan digelutinya, GIICOMVEC siap mempermudah para trade visitor mencari semua kebutuhannya pada satu waktu.

Yaitu lewat pameran ini, yang tersebut menyediakan kendaraan komersial dari para trade visitor. Mulai teknologi terbaru, sasis, karoseri, lapangan usaha pendukung, hingga perusahaan pembiayaan.

Sedangkan Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau GAIKINDO menyatakan bahwa pameran GIICOMVEC dilakukan pertama pada 2018, kemudian 2020, mengikuti format pameran dua tahunan.

“Akan tetapi negara kita diadang pandemi Wabah lalu acara ini baru dapat diselenggarakan bila kondisi dunia usaha telah benar-benar pulih,” ungkap Yohannes Nangoi.

Press conference GIICOMVEC 2024 pada Rabu (7/2/2024) di area Hotel JW Luwansa, Kuningan Ibukota Indonesia [Suara.com/CNR ukirsari]
Press conference GIICOMVEC 2024 pada Rabu (7/2/2024) di tempat Hotel JW Luwansa, Kuningan DKI Jakarta [Suara.com/CNR ukirsari]

Setelah melintasi 2022 atau empat tahun kemudian dari penyelenggaraan GIICOMVEC 2020, perkembangan ekonomi nasional terus mengalami kenaikan positif dan juga iklim pembangunan ekonomi yang dimaksud semakin kondusif. Situasi positif ini menjadikan Indonesia sebagai bursa yang mana sangat potensial bagi lapangan usaha kendaraan komersial yang dimaksud terus bertambah memenuhi permintaan pangsa nasional.

Kondisi tadi harus dimanfaatkan para pelaku industri, lalu salah satu faktor vital di merancang perusahaan adalah alat serta sarana transportasi yang efektif. Sehingga 2024 dirasa GAIKINDO sebagai peluang tepat untuk menyelenggarakan kembali pameran kendaraan komersial.

“Saat ini ruas jalan tol yang dimaksud beroperasi pada seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah sarana luar biasa yang mana diperuntukkan belaka untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, untuk itu kami sangat mengapresiasi pemerintahan RI. Infrastruktur jalan ini membuka konektivitas antardaerah lalu oleh dikarenakan itu kegiatan perniagaan makin terbuka luas mulai dari sektor barang konsumsi, barang komoditas, logistik, pariwisata, pertambangan juga lainnya. Dengan kendaraan komersial yang digunakan tepat lalu didukung teknologi terkini, kegiatan bidang usaha akan berjalan lebih lanjut efektif serta tentunya menguntungkan,” jelas Yohannes Nangoi.

Dengan dukungan penuh dari Kementerian Manufaktur Republik Indonesia lalu Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, maka GIICOMVEC 2024 siap digelar.

Selain infrastruktur jalan yang mana terus ditingkatkan, pemerintahan RI juga memulai pembangunan serta melengkapi berbagai infrastruktur sarana juga prasarana transportasi massal yang tersebut juga membutuhkan hasil dan juga teknologi terbaru dari kendaraan komersial.

“Karena itu GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan barang juga teknologi terkini yang dimaksud dibutuhkan untuk dapat mengupayakan keperluan pemerintah kemudian keinginan kegiatan para pelaku bidang usaha bidang usaha dalam sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri,” tukasnya.

Selain memenuhi keperluan pangsa niaga atau komersial nasional, acara GIICOMVEC menjadi kompetisi yang dimaksud mampu memberikan informasi positif terhadap bursa internasional, kemudian menjadi dorongan kegiatan ekspor lapangan usaha kendaraan bermotor Indonesia yang digunakan sedang terus diupayakan pertumbuhannya.

Pameran kendaraan komersial ini dilakukan di dalam Hall A serta Hall B, Ibukota Indonesia Convention Center (JCC) dengan total area lebih lanjut dari 14.000 meter persegi. Dimeriahkan sederet brand di area Indonesia dari bidang kendaraan komersial dan juga bidang pendukungnya, termasuk brand Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, serta Wuling. Ditambah sektor karoseri Indonesia lalu bidang pendukung lainnya.

Juga akan hadir tambahan dari 10 ribu trade visitors juga mempertemukannya dengan merek-merek terkemuka kendaraan komersial untuk membuka kemungkinan baru bagi bidang kendaraan komersial pada Indonesia.

Trade visitors GIICOMVEC ditargetkan akan datang dari sektor transportasi, logistik, pembangunan kemudian infrastruktur, ritel, operator tur juga perjalanan, pertambangan, minyak, gas, kemudian energi, konstruksi, jasa keuangan lalu asuransi, barang konsumsi, restoran, kafe, serta layanan catering, bidang usaha kecil juga menengah (UKM), lembaga kesehatan, badan pemerintah atau perusahaan swasta, lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan juga peternakan, juga militer.

Mereka sanggup menikmati berbagai penawaran khusus yang tersebut sangat menarik dari para sponsor, yakni Astra Financial sebagai Official Financial Partner sama-sama dengan Astra Credit Companies, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance, Bank Jasa Jakarta.

GIICOMVEC 2024 juga bekerja serupa dengan asosiasi-asosiasi yang tersebut berkaitan erat dengan lapangan usaha kendaraan komersial, termasuk APTRINDO, IPOMI, ASKARINDO lalu ALI. Sedangkan Pertamina Lubricants menjadi sponsor.