Apa itu Gonore? Mengenal Penyebab, Tanda kemudian Pengobatan Penyakit Menular Seksual Venny Alberti

Apa itu Gonore? Mengenal Penyebab, Tanda kemudian Pengobatan Penyakit Menular Seksual Venny Alberti

Infocakrawala.com – Baru-baru ini selebgram sekaligus artis TikTok Venny Alberti memproduksi pengakuan bahwa dirinya tertular penyakit menular seksual gonore. Apa itu gonore?

Apa gejala kemudian penyulut gonore? Bagaimana cara perawatan penyakit gonore ini? Mari kita ketahui secara utuh tentang penyakit menular seksual ini.

Agar bukan mengalami kejadian yang tersebut sebanding seperti Venny Alberti. Apalagi belakangan diketahui, wanita yang dimaksud tertular dari suaminya sendiri, Akash Elahi.

Pengertian

Gonore bisa saja disebut dengan pilek pada alat kelamin. Namun tentu tidak lendir biasa yang tersebut mengundurkan diri dari dari alat kelamin jikalau telah terkena penyakit ini.

Sebagaimana dijelaskan oleh Pakar Penyakit Kulit lalu Kelamin dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV. Ia mengatakan, jikalau pilek pada saluran pernapasan biasanya mengeluarkan lendir berbentuk ingus, pada organ intim (alat kelamin) kondisinya lebih tinggi berbahaya sebab yang dimaksud pergi dari adalah nanah.

Di dunia medis, pilek di tempat alat kelamin disebut sebagai Gonore atau GO, penyakit infeksi menular seksual (IMS) yang digunakan bisa jadi berbahaya bila bukan diobati, dan juga akan meningkatkan risiko kemandulan hingga infeksi janin.

“Pilek pada alat kelamin atau GO yang digunakan dibiarkan mengalami perkembangan pada akhirnya akan mengakibatkan berbagai risiko berbahaya. GO yang dimaksud bukan terdiagnosis kemudian tidak ada mendapat terapi secara benar dapat menyebabkan komplikasi dari ringan hingga berat,” kata Anthony Handoko di bincang dengan media, Rabu (5/7/2020).

Komplikasi Gonore biasanya terjadi di area area sekitar saluran kemih, panggul, kandungan, faring (saluran menelan dalam kelamin), selaput lendir dalam mata hingga bagian sendi.

“Infeksi GO berat kemudian lanjut pada wanita bahkan dapat menyebabkan penularan infeksi GO ke bayi ketika proses melahirkan serta infertilitas (kemandulan),” papar Anthony Handoko.

Gejala Gonore

National Health Institute menyebutkan beberapa gejala gonore pada perempuan kemudian laki-laki. Diantaranya:

Gejala pada perempuan:

  • rasa sakit ketika buang air kecil
  • keputihan yang dimaksud tidak ada biasa
  • perdarahan di area antara menstruasi
  • nyeri lalu terasa panas ketika BAK
  • pada pemeriksaan menggunakan spekulum (cocor bebek), akan terlihat permukaan mukosa serviks kemerahan disertai adanya cairan kental putih kekuningan atau putih susu
  • umumnya terjadi bersamaan dengan infeksi klamidia

Gejala pada laki-laki:

  • peradangan pada kulup
  • keluarnya nanah (atau tetesan) dari penis (putih, kuning, krem, atau kehijauan)
  • pembengkakan atau nyeri dalam testis
  • frekuensi atau urgensi buang air kecil yang tersebut lebih besar besar

Penyebab Gonore

Dilansir dari Healthline, gonore adalah infeksi menular seksual (IMS). Hal ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Gonore menular dari orang ke orang melalui seks oral, anal, atau vaginal tanpa kondom atau metode penghalang lainnya. Perlindungan terbaik terhadap penularan adalah dengan menggunakan kondom atau metode penghalang yang tersebut tepat.

Gejala biasanya terjadi di 2 hingga 14 hari pasca terpapar. Namun, beberapa orang yang tersebut terkena gonore tidak ada pernah mengalami gejala yang digunakan nyata.

Selain itu perlu diketahui, ‘french kissing’ atau ciuman menggunakan lidah juga dapat menjadi pemicu infeksi gonore di tempat kalangan lelaki gay juga biseksual. Hal ini terungkap di jurnal Sexually Transmitted Infections.

Ciuman dengan cara seperti itu mampu berpotensi menyebarkan bakteri gonore. Hal ini diyakini Profesor Eric Chow dari Melbourne Sexual Health Centre selaku peneliti utama proyek tersebut.

“Orang tahu bahwa gonore dapat ditularkan melalui ciuman, tetapi ciuman setiap saat diabaikan sebagai faktor risiko penularan gonore,” ujar Chow.

Pengobatan Gonore

Apabila pasien diagnosis positif Gonore, biasanya dokter akan melakukan penyembuhan pemberian obat oral atau suntikan antibiotik. Pengobatan tidaklah cuma diberikan terhadap pasien, tapi juga diberikan untuk pasangan seksualnya.

Penderita Gonore bukan dapat menggunakan obat rumahan. Konsultasi serta resep dari dokter sangat dibutuhkan.

Setelah dua minggu melakukan penyembuhan dari dokter, pasien akan diminta untuk melakukan pemeriksaan ulang. Hal ini untuk memverifikasi bakteri Gonore benar-benar hilang.

Jika Gonore tak segera diobati dapat menyebabkan rusaknya tuba fallopi, memengaruhi kesuburan, meningkatkan risiko kehamilan di dalam luar rahim.
Sedangkan untuk laki-laki berisiko infertlitas, kesulitan pada prostat, atau luka pada bagian saluran kemih.

Itulah serba-serbi juga penjelasan apa itu gonore, penyakit menular seksual yang dimaksud menjangkit Venny Alberti.