Bisa Deteksi Berbagai Risiko Penyakit, Apa itu Pemeriksaan Genomik?

Bisa Deteksi Berbagai Risiko Penyakit, Apa itu Pemeriksaan Genomik?

Infocakrawala.com – Salah satu skrining kebugaran yang digunakan dapat Anda lakukan adalah tes atau pemeriksaan genomik yang tersebut dapat menjadi dasar dari pemeriksaan atau bahkan medical check up yang digunakan akan diambil seseorang. Lantas, apa yang mana dimaksud pemeriksaan genomik?

Tes genomik adalah pemeriksaan kondisi tubuh untuk memverifikasi adanya berbagai risiko penyakit yang mana mampu terjadi akibat genetik asal. Pengujian ini bekerja dengan meninjau cara gen berinteraksi juga hasilnya pada kesehatan.

Pemeriksaan genomik berbeda dari tes genetika. Tes ini akan memeriksa keseluruhan gen yang tersebut ada pada tubuh, bukanlah hanya saja mendeteksi adanya mutasi gen tunggal.

Hasil dari pengujian genom akan memperlihatkan risiko penyakit yang dimaksud rentan Anda alami, perkembangan suatu penyakit di tubuh, hingga risiko kambuhan suatu penyakit.

Nah, hasil dari pemeriksaan genomik juga Medical Check Up (MCU) ini dapat bermanfaat dengan pola hidup yang tersebut harus dijalani oleh seseorang.

“Kalau telah periksa genomik, tak akan salah dengan tindakan yang mana harus diambil,” jelas Genomic Expert, dr. Catherine Tjahyadi, FINEM, CMT pada acara talk show bertajuk “Pentingnya Skrining Penyakit Kronik & Infeksi Sejak Dini” yang digunakan diselenggarakan oleh Tirta Medical Center dalam Jakarta, belum lama ini.

Hal senada dikemukakan pula oleh dr. Marsen Isbayuputra, SP. Ok. Ia menuturkan bahwa kebanyakan orang hanya sekali peduli pada tahap penyembuhan penyakit. Padahal upaya pemasaran kebugaran dan juga pencegahan spesifik seperti vaksinasi, lanjut dia, tak kalah penting.

“Diharapkan dengan vaksinasi, orangnya bisa jadi masih sehat, pekerja bisa jadi tetap memperlihatkan sehat, anaknya sehat, tiada ada beban pikiran sehingga produktivitas meningkat,” imbuhnya.

Edukasi pencegahan penyakit ini, kata Influencer Sarah Kiehl, memang sebenarnya perlu kerap diadakan untuk meningkatkan pemahaman warga tentang pentingnya pemeriksaan genomik di pemeliharaan kebugaran personal.

Apalagi ia merasakan pula manfaatnya ketika melakukan pemeriksaan pra nikah “Aku bukanlah expert, ini dari kacamata aku sebagai pasien. Waktu nikah, itu ada beberapa hal yang mana harus diketahui dari awal,karena bagi aku, pasangan wajib mengetahui adakah penyakit dari masing-masing pihak yang tersebut harus diwaspadai,” jelasnya.

Selain talk show partisipan yang digunakan hadir dapat pula merasakan secara langsung faedah pemeriksaan dengan promo menarik, seperti promo pemeriksaan genomik, medical check up, serta laboratorium dalam Tirta Medical Center.

“Kami menyediakan layanan pemeriksaan genomik terdepan yang dapat memberikan wawasan penting mengenai kebugaran genetik. Seperti kita ketahui, pemeriksaan genomik sendiri merupakan langkah revolusioner pada dunia kebugaran yang digunakan memungkinkan identifikasi kemungkinan risiko genetik, diagnosis dini penyakit, dan juga penyesuaian perawatan yang mana lebih besar personal,” tutup dr. Catherine.