Bisnis  

Kemnaker Jajaki Kerja Sama Lingkup Ketenagakerjaan dengan Thailand

Kemnaker Jajaki Kerja Sama Lingkup Ketenagakerjaan dengan Thailand

Infocakrawala.com – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah melakukan konferensi dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman. 

Dalam kesempatan tersebut, Menaker Ida mendiskusikan mengenai rencana kerja mirip kegiatan pelatihan serta pemagangan tenaga kerja di area kedua negara. 

“Saya mengawasi dari kerja sebanding Indonesia juga Thailand nantinya akan sejumlah prospek yang dimaksud dihasilkan, seperti pengembangan acara pelatihan dengan yang digunakan relevan dengan permintaan lingkungan ekonomi kerja dalam masa depan,”ucap Menaker Ida pada kunjungan kerja ke Thailand, pada Hari Sabtu (17/2/2024).

Menaker menyebut, berbagai kegiatan pelatihan lalu pemagangan yang mana dapat dilaksanakan oleh kedua negara seperti pelatihan untuk teknisi Teknologi Berita lalu Komunikasi (TIK); ahli logistik; tenaga kebugaran lalu kegiatan pelatihan bahasa Thailand bagi calon pekerja migran.

Program selanjutnya ujar Menaker Ida, adanya skema pertukaran tenaga kerja terampil melalui acara magang bersertifikat atau inisiatif penempatan kerja; pemetaan keperluan tenaga kerja pada Thailand dan juga peluang tenaga kerja terampil dari Indonesia; iklan acara penempatan tenaga kerja yang aman bagi kedua negara; dan juga pentingnya proteksi untuk pekerja Indonesia yang bekerja pada Thailand.

(Dok: Kemnaker)
(Dok: Kemnaker)

“Saya sangat menghargai berbagai informasi dan juga wawasan mengenai keperluan akan tenaga kerja di dalam Thailand,”ungkap Ida Fauziyah. Menaker mengharapkan kerja sebanding bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dengan Thailand dapat terus terjalin lalu berprogres dalam masa depan.

“Saya yakin kita mampu mencapai tujuan dengan di meningkatkan kualitas tenaga kerja yang dimaksud terampil khususnya di tempat kawasan Asia Tenggara,” pungkasnya.