Sempat Unggul, Timnas Basket Indonesia Menyerah dari Thailand pada Kualifikasi FIBA Asia Cup

Sempat Unggul, Timnas Basket Indonesia Menyerah dari Thailand pada Kualifikasi FIBA Asia Cup

Infocakrawala.com – Timnas Basket Indonesia kalah dengan skor 56-73 dari Thailand pada turnamen Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 yang dilakukan di area Nimbutr Stadium Bangkok, Thailand, Kamis (22/2/2024) waktu malam WIB.

Dalam pertandingan perdana pada kualifikasi perlombaan bola basket Asia tersebut, Timnas Basket Putra Indonesia hanya saja dapat unggul 0-5 dua menit pertama laga berjalan, yang tersebut selanjutnya kedudukan dipimpin oleh Thailand sampai laga berakhir.

Ketertinggalan poin Indonesia paling sangat sampai 28 poin dalam kuarter ketiga.

Mengutip statistik pertandingan pada laman resmi FIBA, perbedaan akurasi tembakan yang menghasilkan kelompok Indonesia kewalahan menghadapi Thailand.

Indonesia hanya sekali mencatatkan akurasi tembakan 27 persen, cuma 17 bola yang mana masuk dari 62 percobaan tembakan selama pertandingan. Sementara Thailand lebih banyak baik dengan akurasi 39 persen, atau 26 masuk dari 66 upaya tembakan.

Pemain Indonesia yang tersebut paling sejumlah mencetak poin hanyalah Agassi Goantara dengan 14 poin. Dia berhasil memasukan 5 bola dari total 13 percobaan tembakan, tiga di tempat antaranya adalah tembakan tripoin.

Di luar itu, tak ada lagi pemain Indonesia yang mencetak nomor sambai double digit. Pemain naturalisasi Indonesia Lester Prosper yang dimaksud biasanya moncer di dalam klub Dewa United Banten semata-mata menyumbang 6 poin selama 21 menit bermain.

Kaleb Ramot Gemilang belaka mencetak 8 poin dengan akurasi tembakan 30 persen. Dan yang dimaksud paling banyak meleset pada waktu menembak adalah Reza Guntara dengan belaka satu kali memasukan bola pada permainan terbuka, dari sembilan kali upaya tembakan, atau akurasi tembakan 11,1 persen.

Meski sempat tertinggal hampir 30 angka, Indonesia berhasil memperkecil selisih poin pada kuarter empat dengan mencetak 21 poin dalam kuarter terakhir tersebut. Membayar sedikitnya poin yang tersebut dibuat di area kuarter pertama dengan belaka 8 poin, kemudian kuarter tiga hanya sekali 10 poin.

Dari Thailand, empat pemain mencetak dua digit poin yakni Moses Morgan 24 poin, Frederick Lee Jones lalu Chanatip Jakrawan masing-masing 13 poin, juga Nakorn Jaisanuk 11 poin.

Selanjutnya, timnas akan menjalani pertandingan kualifikasi FIBA Asia Cup kedua melawan Australia yang dimaksud akan diselenggarakan di area Indonesia Arena, Hari Minggu (25/2).