Meski WSBK Mandalika 2024 Tidak Ada, IMI Pastikan Banyak Balapan Seru di dalam Indonesia

Meski WSBK Mandalika 2024 Tidak Ada, IMI Pastikan Banyak Balapan Seru pada di Indonesia

Infocakrawala.com – World Superbike atau WSBK Mandalika sudah ada jelas tiada dipentaskan untuk 2024. Sejatinya patut disayangkan oleh sebab itu inilah tahun perdana nama-nama besar seperti Jonathan Rea lalu Toprak Razgatlioglu berganti pasukan dan juga menggunakan brand lain.

Senada kelahiran bintang baru, seperti Nicolo Bulega yang dimaksud mendapatkan aplaus luar biasa akibat turun perdana segera berjaya.

Akan tetapi, walau WSBK 2024 batal dilakukan dalam Indonesia, jangan khawatir!

Juara WSBK Mandalika 2022 Toprak Razgatlioglu [Suara.com/CNR ukirsari].
Juara WSBK Mandalika 2022 Toprak Razgatlioglu. Sebagai ilustrasi serunya balapan ini dari tahun ke tahun, termasuk dalam Indonesia [Suara.com/CNR ukirsari].

Ikatan Motor Indonesia atau IMI sebagai organisasi kendaraan bermotor Tanah Air yang digunakan mengurusi balapan menggunakan mesin motor juga komunitas otomotif memverifikasi masih sejumlah balapan seru yang bisa saja ditonton pada Indonesia tahun ini.

Dikutip dari kantor berita Antara, Sirkuit Mandalika tetap saja akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP pada September 2024.

Situasi trek dari camera mounted bagian depan regu Suzuki Ecstar [Instagram: @suzukimotogp].
MotoGP Mandalika 2022 sebagai ilustrasi [Instagram: @suzukimotogp].

Indonesia juga dipastikan akan menjadi tuan rumah untuk dua seri balap motocross dunia MXGP. Masing-masing berlangsung dalam Sirkuit Samota, Nusa Tenggara Barat, pada 30 Juni, dan juga pada Sirkuit Selaparang, Lombok, NTB, pada 7 Juli.

Lantas Danau Toba pada Sumatera Utara menjadi tuan rumah F1 Powerboat 2024 yang dimaksud akan berlangsung pada 2-3 Maret.

Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) mengatakan sedang mengupayakan menghadirkan perlombaan dunia otomotif lain ke Indonesia.

Erwin Indrianto, pengurus Sektor Hubungan antar Lembaga IMI Pusat pada waktu mengunjungi konferensi pers MXGP 2024 pada Jakarta, Rabu (28/2/2024) menyatakan berada dalam bernegosiasi dengan promotor yang dimaksud pemegang hak penyelenggaraan balap itu.

“Jadi IMI segera yang tersebut bernegosiasi, nanti promotornya kalau sudah ada ada, kami berikan untuk mereka,” jelas Erwin Indrianto.

Dipaparkannya bahwa Ketua Umum PP IMI Bambang Soesatyo memberikan perhatian besar terhadap keberlanjutan olah raga balap prestasi dalam Indonesia.

Bahkan dukungan IMI bukan terbatas untuk dua jenis balapan yang digunakan sangat populer, yaitu cabang olah raga atau cabor sepeda gowes motor juga mobil. Namun menjangkau jenis-jenis balap kendaraan bermesin lainnya.

“Tidak cuma motor dan juga mobil, kemarin ada F1 boat dan juga perlombaan jetski. Kami juga mendukung. Walaupun itu hal yang digunakan baru bagi IMI, yakni dunia balap di area air, akan tetapi kami juga belajar cara untuk menyelenggarakannya,” lanjutnya.

Di sisi lain, sebagai regulator, IMI tak sanggup campur tangan secara langsung pada penyelenggaraan berbagai jenis balap. Namun dengan langkah sendiri, IMI tetap memperlihatkan memberikan dukungan seperti pemeriksaan sirkuit atau penyediaan marshall balapan bersertifikasi.