Honda HR-V Kena Recall Karena Masalah Sabuk Pengaman

Honda HR-V Kena Recall Karena Masalah Sabuk Pengaman

InfoCakrawala.com – Honda melakukan penarikan kembali atau recall lebih tinggi dari 300.000 unit kendaraan di tempat Amerika Serikat akibat permasalahan sabuk pengaman untuk model Accord dan juga HR-V.

Menurut keterangan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), Honda Accord dan juga HR-V terdamapak merupakan model produksi model tahun 2023-2024.

Penyebabnya lantaran hilangnya bagian pada pretensioner sabuk pengaman depan yang mana dapat meningkatkan risiko cedera dalam kecelakaan.

Fungsi pretensioner sangat vital dalam mencegah risiko cedera oleh sebab itu sistem ini dengan cepat menarik seatbelt saat terjadi tabrakan serta efektif menahan gaya dorong penumpang.

Melansir Carscoops, Selasa (28/11/2023), NHTSA mengungkapkan pretensioner pada Accord juga HR-V mungkin tiada dilengkapi dengan pengait yang tersebut menahan quick connector kemudian wire plate. Hal ini dapat mengakibatkan bagian penumpang sulit dikendalikan dengan baik saat terjadi kecelakaan.

Dalam hal ini komponen sabuk pengaman yang dimaksud tedapat pada Honda Accord serta HR-V dibuat oleh Joyson Safety Systems. Permasalahan ini pertama kali ditemukan pada bulan Mei 2023.

Honda kemudian menerima komponen terdampak pada bulan September dan juga memulai penyelidikan, yang digunakan akhirnya diputuskan untuk melakukan recall.

Produsen mobil jika Jepang ini juga sudah mendapat tujuh laporan klaim garansi terkait kesulitan sabuk pengaman. Namun sejauh ini belum terdapat laporan cedera atau yang digunakan menyebabkan kematian.

Pemilik kendaraan dengan model terdampak diminta untuk segera datang ke bengkel resmi Honda untuk melakukan perbaikan.

Honda memperkirakan belaka ada 1 persen dari 303.770 unti kendaraan yang terkena dampak. Namun jumlah agregat hal itu masih sekitar 3.038 unit.

(Sumber: Suara.com)